PENGGUNAAN METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN GERAK TARI KANGGURU DI TK ABA LAMPUNG SELATAN

Vita Fauzia Ulfa, Fitri Daryanti, Hasyimkan Hasyimkan

Abstract


The research was aimed to describe the using of playing method in the learning process motion of Kangguru dance in TK ABA South Lampung. This research used a qualitative descriptive method. Technique used to collect the data in this research are observation, documentation, interviews and non-test. The used of playing method were very helpful to giving spirit of delight learning. The results showed that learning kangguru dance of aspects fine motor movement and gross motor skills using playing method was good, because students were able to demonstrate motion kangguru dance that locomotor gross motor movements that teacher had tought.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan metode bermain dalam pembelajaran proses gerak tari kangguru di TK ABA Lampung Selatan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan nontes. Penggunaan metode bermain sangat membantu memberikan semangat dalam pemebelajaran yang menyenangkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran gerak tari kangguru menggunakan metode bermain baik, karena siswa mampu memeragakan gerak tari kangguru dari motorik kasar yaitu lokomotor dan nonlokomotor serta motorik halus sesuai yang diajarkan guru.


Kata kunci : gerak tari kangguru, metode bermain, pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Masitoh. 2007. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka

Mustika, I. 2013. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Bandar Lampung: Aura

Patmonodewo, S. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Renika

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran