PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 2 BAKAUHENI

Maria Regina Maharani, Muhammad Fuad, Fitri Daryanti

Abstract


The purpose of this research is to describe the process and learning outcome of halibambang dance on Extracurricular activity at SMPN 2 Bakauheni. This type of research is qualitative descriptive. Source of data in this study were teachers, 10 students, and halibambang dance. Data collection technique that were used are observation, interview, documentation, and testing practice. Application of the method demonstration and students activity were done well by teacher and students in accordance with the stages contained. Results of assessment test based on practice memorizing aspects of motion gets an average value of 92. While accuracy aspect of Motion with Music gets an average value of 60. So the overall average score gets 76 with good criteria because students are able to demonstrate halibambang dance using music properly.

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran
tari halibambang pada kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Bakauheni. Jenis
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian
ini adalah guru, 10 siswi, dan tari halibambang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Penerapan
metode demonstrasi dan aktifitas siswa terlaksana dengan baik oleh guru dan siswa
sesuai dengan tahap-tahap yang terkandung. Hasil penilaian tes praktik berdasarkan
aspek Hafalan ragam Gerak mendapat rata-rata nila 92, sedangkan aspek Ketepatan
Gerak dengan Musik mendapat rata-rata nilai 60. Jadi rata-rata nilai secara
keseluruhan mendapat 76 dengan kriteria baik karena siswa mampu memeragakan
tari halibambang menggunakan musik dengan baik dan benar..

Kata kunci : ekstrakurikuler, metode demonstrasi, dan tari halibambang,

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Mustika, I Wayan, 2012. Tari Muli Siger. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

(Tim, 10: 2001). Pengenalan Tari Halibambang. Lampung.

B.Unno, Hamzah.2010. Belajar dan Pembelajaran.

Sudirman,dkk dalam Hasbullah. 2008:1. Pendidikan Nasional.Alfabeta. Bandung

Sumantri. 2001: 133. Pengenalan Metode Demonstrasi dan Eksperimen.

Arikunto. 2010:274. Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta.Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran