PEMBELAJARAN TARI MELINTING MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMK

Gita Shervina, Agung Kurniawan, Susi Wendhaningsih

Abstract


Research on melinting dance learning using quantum models was based by the desire of the cultural arts teacher to have reference and variations of the concept of learning. This study aimed to describe the process and learning outcomes of melinting dance using quantum learning model in extracurricular activities at SMK Gajah Mada Bandar Lampung. Learning theory used in this research was constructivist theory. Data collection techniques used were observation, interviews, documentation and assessment instrument. The stage of data analysis done by data reduction, data presentation and verification or conclusion. Assessment of learning outcomes seen from the aspect wiraga assessment, wirama, wirasa. Results showed that students are learning using a melinting dance quantum models, including both the average value of 83,35. On the aspects of student activity in learning can be summed up very well with the acquisition of the average value of 87,7.

Penelitian pembelajaran tari melinting menggunakan model quantum didasarkan oleh keinginan guru seni budaya untuk memiliki referensi dan variasi konsep pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari melinting menggunakan model pembelajaran quantum pada kegiatan ekstrakulikuler di SMK Gajah Mada Bandar Lampung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar konstruktivistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,dokumentasi dan instrument penilaian. Tahap analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penilaian hasil belajar dilihat dari aspek penilaian wiraga, wirama, wirasa. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pembelajaran tari melinting menggunakan model quantum termasuk baik dengan nilai rata-rata 83,35. Penilaian pada aspek aktivitas siswa dalam pembelajaran dapat disimpulkan baik sekali dengan perolehan nilai rata- rata 87,7.

Kata kunci: belajar, model pembelajaran quantum, tari melinting


Full Text:

PDF

References


DePorter Bobbi, Reardon Mark, Nourie-S Sarah. 2014. Quantum Teaching. Bandung : Kaifa.

Hadi, Sumandiyo Y. 2007. Kajian Tari Teks Dan Konteks. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher

Komariah Aan, Satori Djaman. 2013.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia

Muzamiroh, L Mida. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

Siregar Eveline, Nara Hartini. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran