PENERAPAN QL DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Ari Saputra, Susi Wendhaningsih, Agung Kurniawan

Abstract


The purpose of this research was to describe how the application of quantum models of learning and how the result of learning Bedana dance in extracurricular activities. This research used descriptive qualitative method. Data collecting technique used in this study was observation, interview, field notes, documentation, practice test and non test. The results of observation for the achievement of learning process using the model of Quantum Learning can be seen that 1) Grow, students excellent criteria (100). 2) Experience, students excellent criteria (93). 3) Call, students excellent criteria (87). 4) Demonstrate, excellent criteria (87). 5) Repeat, students excellent criteria (87). 6) Celebrate, students excellent criteria (93). For the results of the observation sheets of individual practice tests 1 and 2, it could be seen that the average value obtained all students belonging as excellent criteria (93). While looking at the activities of the students obtained excellent criteria (88).

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimanakah penerapan model Quantum Learning dan bagaimanakah hasil pembelajaran tari bedana pada kegiatan Ekstrakurikuler di SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, tes praktik dan non tes. Hasil pengamatan pencapaian proses pembelajaran menggunakan model Quantum Learning dapat diketahui bahwa 1) Tumbuhkan, siswa tergolong kriteria baik sekali (100). 2) Alami, siswa tergolong kriteria baik sekali (93). 3) Namai, siswa tergolong kriteria baik sekali (87). 4) Demonstrasikan, siswa tergolong baik sekali (87). 5) Ulangi, siswa tergolong baik sekali (87). 6) Rayakan, siswa tergolong kriteria baik sekali (93). Untuk hasil lembar pengamatan tes praktik individu 1 dan 2, dapat diketahui rata-rata nilai yang didapat seluruh siswa tergolong dalam kriteria baik sekali (93). Sedangkan ditinjau dari aktivitas siswa didapat kriteria baik sekali (88).

Kata kunci: pembelajaran, quantum learning, tari bedana


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

DePorter, Bobbi., Henarcki, Mike. 2011. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Hadi, Sumandiyo, Y. 2007. Kajian Tari Teks & Konteks . Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Firmansyah, Hasan, Kamsadi. 1996. Mengenal Tari Bedana. Bandar Lampung: Gunung Pesagi.

Suryosubroto. 2001. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran