Pembelajaran Tari Bedana Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di SMAN 1 Seputih Mataram

Evi Kristianingsih, Fitri Daryanti, Riyan Hidayatullah

Abstract


This research is aims to describe the process and to know the result of bedana dance learning process by using cooperative learning model type STAD. This research used descriptive qualitative research with the sources of the data are teacher and students. Technique used to collect the data in this research are observation, interview, and documentation. The learning process shows some disagreement with the choosen learning model, that is formating the group. The learning result shows that there are 6 students who cannot dance good in the bedana dance, not only be seen from remembering the movement but also the compatibility between the dance and the music.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pembelajaran tari bedana menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data guru dan siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pembelajaran dengan model pembelajaran tipe STAD sudah dilaksanakan oleh guru dengan tahapan : pembentukan kelompok, penyajian materi, kegiatan kelompok, pelaksanaan ujian, evaluasi ujian dan kesimpulan. Hasil pembelajaran menunjukan adanya 6 siswa yang tidak mampu menarikan tari bedana dengan baik dari segi hafalan gerak dan kesesuaian tari dengan iringan musik.

Kata kunci : Pembelajaran, Tari Bedana, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.



Full Text:

PDF

References


Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pempelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Firmansyah. 1996. Mengenal Tari Bedana . Bandar Lampung : Gunung Pesagi.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran