PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUNTEN MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN DI SMP NEGERI 1 GEDUNG MENENG
Abstract
The research problems is how to process and learning outcomes of Sigeh Pengunten dance using role play act at SMP Negeri 1 Gedung Meneng. This research using behavioristic learning theory. This type of descriptive qualitative research. Data sources in this research is sigeh pengunten dance and its kind of motion. Used data collection techniques is observation, interviews, documentation, practices testing and non-testing. Play role act have nine steps, organize students to warm up, choose a participant player, preparing observer, organize training room, role playing, discussion and evaluation, presentation, second discussion and evaluation, sharing experiences and conclusions. Learning outcomes of sigeh pengunten dance using role play act shows that from the teacher assessment aspect obtain 63,5% average with sufficient criteria.
Rumusan masalah penelitian ini bagaimanakah proses dan hasil pembelajaran tari sigeh pengunten menggunakan model bermain peran di SMP Negeri 1 Gedung Meneng. Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran behavioristik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tari sigeh pengunten dan ragam geraknya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan non tes. Model bermain peran memiliki sembilan langkah yaitu mengatur siswa untuk pemanasan, memilih pemain partisipan, menyiapkan pengamat, menata ruangan tempat latihan, memainkan peran, diskusi dan evaluasi, persentasi, diskusi dan evaluasi kedua, berbagi pengalaman dan kesimpulann. Hasil pembelajaran tari sigeh pengunten menggunakan model bermain peran menunjukkan bahwa dari aspek penilaian guru memperoleh rata-rata 63,5% dengan kriteria cukup.
Kata kunci : pembelajaran tari, sigeh pengunten, model permain peran, penilaian.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2010.Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Hamzah, Uno B. 2004. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Narbuko, cholid. 2012. Metodologi Penelitian.Jakarta : PT Bumi Aksara
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya Offset
Sugiono. 2013. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran