PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SD PELITA BANGSA BANDAR LAMPUNG

Al Fisqy Kayyasah Amaliyyah, Fitry Daryanti, Hasyimkan Hasyimkan

Abstract


The problem in this research was how learning process the students perception in learning art and culture uses scientific approach in Pelita Bangsa Elementary School Bandar Lampung. Theory that was used in this research the learning, scientific approach, and culture. Type of the research was qualitative descriptive. The sources of data in this study were two teachers and ten students as samples. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The procedures for implementing the scientific approach had eight aspects: to observe, ask, reasoning, processing, try, concluded, presenting and communicating. The assessment was provided eight aspects contained in the scientific approach. Students interest showed a very interested averange in art and culture Lampung. The results of the learning process are used the cultural art scientific approach students and teachers to work together well, the atmosphere is more active and fun classes, students are much easier to understand the learning material.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran seni budaya menggunakan pendekatan saintifik di SD Pelita Bangsa Bandar lampung. Teori yang digunakan yaitu pembelajaran, pendekatan saintifik, dan seni budaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 2 guru dan 10 siswa yang menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur pelaksanaan pendekatan saintifik sudah memiliki delapan aspek yaitu mengamati, menanya, menalar, mengolah, mencoba, menyimpulkan, menyajikan dan mengomunikasikan. Penilaian diberikan melalui delapan aspek yang terdapat dalam pendekatan saintifik tersebut. Minat siswa menunjukan rata-rata siswa sangat berminat dengan seni budaya Lampung. Hasil proses pembelajaran seni budaya dengan pendekatan saintifik menunjukkan siswa dan guru mampu bekerja sama dengan baik, suasana kelas lebih aktif dan menyenangkan, siswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran.


Kata kunci : pembelajaran, pendekatan saintifik, seni budaya.


Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Peneltian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik,Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Margono,S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rieneka Cipta.

Sani Berlin dan Kurniasih Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta : Kata Pena.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Seni dan Pembelajaran