PEMBELAJARAN GERAK TARI DAN LAGU MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI TK KARTIKA II-31
Abstract
The problem in this study is how to describes dance movement and song by using demonstration at Kartika II-31 kindergarden Bandar Lampung. This research uses theories are learning and demonstration method. The design of this research is descriptive qualitative. The subjects of this research are teacher and 16 students in B3 class of Kartika II-31 kindergarden Bandar Lampung. While data collection teachique used in this research is done by observation, interview, documentation, and pratice test. Learning dance movement and song applies three steps teachers explains the material, teacher demonstrates, and students pratice the movements that have been demonstrated. Learning dance movement and song with average score 68 is categorized as good. The assesment is given through three acspect wiraga, wirasa, and wirama. Beside there is an assessmet about the learning activty in every meeting.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran gerak tari dan lagu di TK Kartika II-31 Bandar Lampung. Teori yang digunakan adalah pembelajaran dan metode demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Pembelajaran gerak tari dan lagu menggunakan tiga tahap yaitu menjelaskan materi, guru mendemonstrasikan dan siswa mempraktikan gerak yang telah didemonstrasikan. Hasil pembelajaran gerak tari dan lagu dengan rata-rata nilai 68 sehingga dikategorikan baik. Penilaian diberikan melalui tiga aspek yaitu wiraga, wirasa, dan wirama selain itu juga diadakan penilaian tentang aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan.
Kata kunci : demonstrasi, gerak tari dan lagu, pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Isjoni. 2009.Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfa Beta.
Jazuli, Muhammad. 2008. Pendidikan Seni Budaya Suplemen Pembelajaran Seni Tari, Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Mukhtar.2013. MetodePraktisPenelitianDeskriptifKualitatif. Jakarta: GP Press
Group.
Subagyo, Joko. 2011. Metode Penelitian Dalam Teori & Praktik. Jakarta: Rineta Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)