PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN SMP NEGERI 1 BATANGHARI

Gracia Gesta Nawangsasi, I Wayan Mustika, Susi Wendhaningsih

Abstract


The purpose of this study was to describe the application of visual audio media on learning sigeh penguten dance in SMP Negeri 1 Batanghari. This research method uses a descriptive qualitative data collection techniques  used in this study is the method of observation, interview and documentation.  Sources  of  data  used  in  this study were eighth grade students participated in extracurricular dance SMP Negeri 1 Batanghari totaling 15 students. The instrument in this study using the observation, interviews,  documentation  and  assessment practice tests.  Visual  audio media as defined  in  this  study  is  sound  and  image  equipment which  is used to delivery of information about  sigeh  penguten dance. Stages of visual audio media on learning sigeh penguten dance learning with the provision of material sigeh penguten dance using  visual  audio  media, then  practice  range  of  motion,  and  evaluate  it.  Overall results of this study have a value of 81.7 is categorized well.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan  media  audio  visual  dalam pembelajaran tari sigeh penguten SMP Negeri 1 Batanghari. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.  Teknik pengumpulan  data  yang  digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah siswa  kelas  VIII  yang  mengikuti  kegiatan  ekstrakurikuler seni tari di SMP
Negeri 1 Batanghari  berjumlah 15 orang. Instrumen dalam penelitian ini
menggunakan  panduan observasi, wawancara, dokumentasi dan panduan penilaian tes praktik. Media audio visual yang dimaksud dalam penelitian ini adalah peralatan suara dan gambar yang digunakan sebagai penyampaian informasi tentang tari sigeh penguten. Tahapan pembelajaran  tari  sigeh  penguten  menggunakan  media  audio visual yaitu pemberian materi tari sigeh penguten menggunakan media audio visual, kemudian mempraktikan ragam gerak, dan mengevaluasinya. Hasil  secara keseluruhan dalam penelitian ini memiliki nilai 81,7 yang berkategori baik.
 
Kata kunci: media audio visual, pembelajaran, tari sigeh penguten.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 2007. Metodologi Reseacrh. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Jainab, Ina. 2011. Dokumen dan Dokumentasi. Bandung: Alfabeta.

Nurgiyantoro, Burhan. 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Riduwan. 2004. Metodologi dan Riset Data. Bandung: CV Angkasa.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah.. Jakarta: Rieneka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)