KEMAMPUAN MENARI MELINTING MENGGUNAKAN METODE SAS PADA SISWA SMP NEGERI 3 PEKALONGAN

Dwi Tiya Juwita, Wini Tarmini, Hasyimkan Hasyimkan

Abstract


The problem in this research is Melinting dance abilities used SAS method of the first grade students in Junior High School 3 Pekalongan. This research aims to describe Melinting dance abilities used SAS method in the first grade students of Junior High School 3 Pekalongan The theory that used is SAS method. Conveying the material used SAS method which is divided into three phases that are structure, analytic and synthesis. The method used in this research is descriptive. Data collecting technique is done by observation, interviews, documentation and pratice test. The source of data in this research is 21 students. Based on data analysis techniques, on analytic test with average value 69 which is good criteria and synthesis test with average value 62 which is enough criteria. So the accumulation result of Melinting dance abilities in the first grade students of Junior High School 3 Pekalongan classified as good criteria with average value is 66.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan menari Melinting menggunakan metode SAS pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menari Melinting menggunakan metode SAS pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pekalongan. Teori yang digunakan adalah metode SAS. Penyampaian materi menggunakan metode SAS dibagi menjadi tiga tahap yaitu struktur, analitik dan sintesis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 21. Berdasarkan teknik analisis data, pada tes analitik dengan nilai rata-rata adalah 69 yang tergolong baik dan tes sintesis dengan nilai rata-rata adalah 62 yang tergolong cukup. Sehingga akumulasi hasil kemampuan menari Melinting siswa kelas VII.1 SMP Negeri 3 Pekalongan tergolong baik dengan nilai rata-rata 66.

Kata kunci : kemampuan, SAS, tari melinting


Full Text:

PDF

References


Igama IV, Sultan Ratu Idil M.T. 2011. Mengenal Dari Dekat Tari Daerah Lampung. Bandar Lampung: Bukit Ilmu.

Jazuli, Muhammad. 2008. Pendidikan Seni Budaya Suplemen Pembelajaran Seni Tari, Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP PressGroup.

Praseti, Tiwi. 2003. “Peningkatan Sikap Dan Gerak Dasar Tari Klasik Gaya Yogyakarta Melalui Metode Peniruan Dan SAS Pada Siswa Kelas 1 SLTPN N 8 Yogyakarta”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Robbins, P Stephen. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Subana, M, dkk. 2007. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)