PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN TALKING STICK DI SMPN 5 LAMPUNG TENGAH

Agel Bayu Pinangkis, Fitri Daryanti, Agung Kurniawan

Abstract


The  research  was  aimed  to describe  Using  Talking  Stick  Model  of type Cooperative in Bedana Dance Learning at SMP N 5 Central Lampung Academic Year  2013/2014.  The  researcher  used  descriptive  qualitative research  design.  In this research, the researcher used observation, interviews, and documentation as technique to collect the data. The theory used in this research is model of Talking Stick Model of type Cooperative Learning. The researcher get source of data from Headmaster, Cultural Arts teacher, and 22 students who take The Bedana dance learning  using Talking  Stick  model  of  type  Cooperative  at  SMP  N  5  Central Lampung. The type of Talking Stick method was also used this activities makes students learn better. It is shown from the results of observations which had been done, Mostly of students had been able to demonstrate Bedana dance well.

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  Penggunaan  Model Kooperatif tipe Talking Stick dalam Pembelajaran Tari Bedana di SMP Negeri 5 Lampung Tengah Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif  kualitatif.  Teknik  yang digunakan  untuk  mengumpulkan  data  dalam penelitian  ini  yaitu, observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Teori  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Seni Budaya, 22  siswa yang mengikuti pembelajaran tari Bedana dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP  Negeri  5  Lampung  Tengah.  Digunakannya metode  tipe  Talking  Stick  ini membuat aktivitas belajar siswa menjadi lebih baik. Hal ini ditunjukan dari hasil pengamatan  yang  telah dilakukan,  rata-rata  siswa  telah  mampu  memeragakan gerak tari Bedana dengan baik.
 
Kata kunci: pembelajaran, tari bedana, talking stick
 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 1992. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Suyatno. 2009 . Mejelajah Pembelajarann Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. 2010 . Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)