PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN TALKING STICK DI SMPN 5 LAMPUNG TENGAH
Abstract
The research was aimed to describe Using Talking Stick Model of type Cooperative in Bedana Dance Learning at SMP N 5 Central Lampung Academic Year 2013/2014. The researcher used descriptive qualitative research design. In this research, the researcher used observation, interviews, and documentation as technique to collect the data. The theory used in this research is model of Talking Stick Model of type Cooperative Learning. The researcher get source of data from Headmaster, Cultural Arts teacher, and 22 students who take The Bedana dance learning using Talking Stick model of type Cooperative at SMP N 5 Central Lampung. The type of Talking Stick method was also used this activities makes students learn better. It is shown from the results of observations which had been done, Mostly of students had been able to demonstrate Bedana dance well.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan Model Kooperatif tipe Talking Stick dalam Pembelajaran Tari Bedana di SMP Negeri 5 Lampung Tengah Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Seni Budaya, 22 siswa yang mengikuti pembelajaran tari Bedana dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 5 Lampung Tengah. Digunakannya metode tipe Talking Stick ini membuat aktivitas belajar siswa menjadi lebih baik. Hal ini ditunjukan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan, rata-rata siswa telah mampu memeragakan gerak tari Bedana dengan baik.
Kata kunci: pembelajaran, tari bedana, talking stick
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 1992. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Suyatno. 2009 . Mejelajah Pembelajarann Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Trianto. 2010 . Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)