EVALUASI PEMBELAJARAN TARI BEDANA SISWA X.5 SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG
Abstract
This study is aimed to describe how well the planning and implementation of evaluation and how the follow-up of evaluation are composed by teacher in teaching bedana dance class X.5 at SMA Negeri 14 Bandar Lampung according to the curriculum 2013. This study used a qualitative descriptive method. The sources of the data in this research 32 class students X.5 and teacher of art and culture. Techniques that is used to collect the data there are observation, interview, questionnaire, and documentation. Evaluation teacher implemented has been good evaluation plan. It was because the teacher do some steps of evaluation plan. The implementation of teacher evaluation has been very good, because the average value of obsevations using principle of study result assessment is 86. The follow-up of teacher evaluation has been very good, because the teacher is able to determine student mastery of learning bedana dance using minimum completeness criteria established.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seberapa baik perencanaan dan penyelenggaraan evaluasi serta bagaimana tindak lanjut evaluasi yang disusun guru dalam pembelajaran tari bedana pada siswa kelas X.5 SMA Negeri 14 Bandar Lampung sesuai kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan goal oriented approach. Sumber data penelitian adalah guru seni budaya dan 32 siswa kelas X.5. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Evaluasi yang dilaksanakan guru dalam merencanakan evaluasi baik. Hal itu dikarenakan guru melakukan beberapa langkah-langkah dalam perencanaan evaluasi. Penyelenggaraan evaluasi guru baik sekali, karena nilai rata-rata dari hasil pengamatan menggunakan prinsip penilaian hasil belajar adalah 86. Tindak lanjut evaluasi guru baik sekali, karena guru sangat mampu dalam menentukan ketuntasan siswa dalam pembelajaran tari bedana berdasarkan KKM yang telah ditetapkan.
Kata kunci: evaluasi guru, pembelajaran tari bedana, studi evaluasi
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ihsan, H. Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.
Mardalis. 2010. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2001. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)