EVALUASI PEMBELAJARAN TARI BEDANA SISWA X.5 SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

Devielia Vebriana Junete, Ngadimun Ngadimun, Susi Wendhaningsih

Abstract


This  study  is  aimed  to  describe  how  well  the  planning  and implementation  of evaluation  and  how  the  follow-up  of  evaluation  are  composed by teacher in teaching bedana dance class X.5 at SMA Negeri 14 Bandar Lampung according to the curriculum  2013.  This  study  used a qualitative  descriptive  method. The sources of the data in this research 32 class students X.5 and teacher of art and culture. Techniques  that is used to collect  the  data  there  are  observation, interview, questionnaire, and documentation. Evaluation teacher implemented has been good evaluation plan. It was because the teacher do some steps of evaluation plan. The implementation of  teacher evaluation has been very good, because the average value of obsevations using principle of study result assessment is 86. The follow-up of teacher evaluation has been very good, because the teacher is able to determine  student  mastery  of learning  bedana  dance  using  minimum completeness criteria established.

 

Penelitian  ini  bertujuan  mendeskripsikan  seberapa  baik  perencanaan  dan penyelenggaraan  evaluasi  serta  bagaimana  tindak  lanjut evaluasi  yang  disusun guru  dalam  pembelajaran  tari  bedana  pada  siswa kelas  X.5 SMA Negeri 14 Bandar  Lampung  sesuai  kurikulum  2013.  Penelitian  ini  menggunakan  metode deskriptif  kualitatif  dengan pendekatan  goal  oriented  approach.  Sumber  data penelitian  adalah  guru  seni  budaya  dan  32  siswa  kelas  X.5.  Teknik  yang digunakan  untuk  mengumpulkan  data  adalah  metode  observasi,  wawancara, angket, dan dokumentasi. Evaluasi yang dilaksanakan guru dalam merencanakan evaluasi  baik.  Hal  itu  dikarenakan  guru  melakukan  beberapa  langkah-langkah dalam  perencanaan  evaluasi. Penyelenggaraan  evaluasi  guru  baik  sekali,  karena nilai rata-rata dari hasil pengamatan menggunakan prinsip penilaian hasil belajar adalah  86.  Tindak  lanjut  evaluasi  guru  baik  sekali,  karena  guru  sangat mampu dalam menentukan ketuntasan siswa dalam pembelajaran tari bedana berdasarkan KKM yang telah ditetapkan.
 
Kata kunci: evaluasi guru, pembelajaran tari bedana, studi evaluasi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ihsan, H. Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Mardalis. 2010. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2001. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)