PENGGUNAAN DRILL DALAM PEMBELAJARAN TARI DI MTS MA’ARIF NU 08 MATARAM BARU
Abstract
This research purposed to discrib how to use Drill method in learning Melinting dance and result of student learning on the class VII.1 in MTs Ma’arif NU 08 Mataram Baru, East Lampung. Research method that is used qualitative descriptive. Data resource of this research are 28 students class VII.1. Collecting data technique that is used in this research are observation, interview, documentation, practice test and non test. The learning implementation that is used is drill method, began with teacher explain and demonstrate varieties movement, then student asked to imitate, furthermore student given time to exercise their solves, and then student asked to demonstrate matter which have been given. The result of learning melinting dance used drill method on the class VII.1 show, that students capable to demonstrate melinting dance well (75). aspect wiraga got criteria very good with score 85, aspect wirasa got criteria enough with score 61, and to aspect wirama got criteria good with score 79.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana penggunaan metode drill dalam pembelajaran tari melinting serta hasil belajar siswa pada kelas VII.1 di MTs Ma’arif NU 08 Mataram Baru, Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII.1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan nontes. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode drill diawali guru menjelaskan dan memeragakan ragam gerak, lalu siswa diminta untuk menirukan, selanjutnya siswa diberikan waktu untuk berlatih sendiri, dan kemudian siswa diminta untuk memeragakan materi yang telah diberikan. Hasil pembelajaran tari melinting menggunakan metode drill pada kelas VII.1 menunjukan bahwa siswa mampu untuk memeragakan tari melinting dengan baik (75). Aspek wiraga mendapat kriteria baik sekali dengan nilai 85, aspek wirasa mendapat kriteria cukup dengan nilai 61, dan apek wirama mendapat kriteria baik dengan nilai 79.
Kata Kunci: metode drill, pembelajaran, tari melinting
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Baharuddin. 2010. Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasbullah.1999. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Igama IV, Sultan Ratu Idil Muhamad Tihang. 2011. Mengenal Dari Dekat Tari Daerah Lampung: Bandar Lampung.
Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soeteja, Zakaria, dkk. 2009. Pendidikan Seni 4 SKS. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Uno, Hamzah B. 2010. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
UUSPN. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jogjakarta: Laksana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)