PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG

Hanna Difetra Alfath, Fitri Daryanti, Hasyimkan Hasyimkan

Abstract


The purpose of this research is to discribe the learning plan, teacher
activity,  evaluation,  the  role  of  teacher,  student  activity,  and  student  learning output. The subjects of this research are art and culture teacher and 18 girl students grade VIII in SMP Wiyatama Bandar Lampung. This  research  used  qualitative  descriptive  research  design.  Data  collecting techniques  which  are  used  in  this  research  are observation,  interview,  and documentation. The data is analyzed with reduction way, data presenting, and data conclusion. Based on the data analysis, can be discovered that from 13 roles of teacher assessment, the teacher obtained average sufficient criteria (60). Learning design assessment  obtained  excellent  criteria  (83),  teacher  activity  obtained
average criteria (71), assessment principle (evaluation) obtained excellent criteria (100), student activity obtained good criteria (71) and student learning assessment is sufficient (63).

Penelitian  ini  bertujuan  untuk mendeskripsikan  perencanaan pembelajaran,  aktivitas  guru,  evaluasi,  peranan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah guru  seni  budaya  dan  siswa  perempuan  kelas  VIII  SMP  Wiyatama  Bandar
Lampung berjumlah 18 orang. Penelitian  ini  menggunakan  desain  penelitian  deskriptif  kualitatif.  Teknik pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  observasi,  wawancara  dan dokumentasi.  Data  dianalisis  dengan  cara  reduksi,  penyajian  data,  dan  data kesimpulan.  Berdasarkan  analisis  data  dapat  diketahui  bahwa  dari  13  aspek penilaian  peranan  guru,  guru  memeroleh  kriteria  rata-rata cukup  (60).  Penilaian perencanaan  pembelajaran  memeroleh  kriteria  baik  sekali  (83).  Aktivitas  guru memeroleh kriteria baik (71), prinsip penilaian (evaluasi) memeroleh kriteria baik sekali (100), aktivitas siswa memeroleh kriteria baik (71) dan hasil belajar siswa cukup (63). 

Kata Kunci : Tari Bedana, Pembelajaran, Peranan Guru.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Djamarah, Saiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: PT Ghalia Indonesia

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabeta

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)