PEMANFAATAN METODE KODALY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN NOTASI PADUAN SUARA ANAK GEMA AVATHA CHOIR JEMAAT IMANUEL OESAO KLASIS KUPANG TIMUR

Patce Orianus Snae, Anjel Martiny de Marissa Po

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan metode Kodaly sebagai media pembelajaran notasi lagu bagi paduan suara anak Gema Avatha Choir yang mengalami kesulitan dalam membaca dan memahami notasi lagu. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan secara tepat yang terjadi di lapangan. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung yang kemudian di analisis  menunjukkan bahwa dalam penerapan metode Kodaly pada tahapan pertama, paduan suara anak Gema Avatha Choir berlatih teknik dasar dari membunyikan nada Do sampai Do oktaf menggunakan simbol-simbol gerakan tangan yang dipelajari. Pada tahapan kedua, mulai dengan menyanyikan lagu “Hai Mari Teman” yang dibagi dalam 2 kelompok suara dan pada tahapan ketiga, menyanyikan lagu secara bersama-sama dalam bentuk 2 (dua) suara menggunakan metode Kodaly yang dalam penerapannya mampu meningkatkan kemampuan anak-anak dalam memahami dan menyanyikan notasi lagu.


Full Text:

PDF

References


Astuti, Mustika, & Hasyimkan. (2019). MANFAAT OLAH TUBUH DALAM PEMBELAJARAN TARI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA SWADHIPA BUMISARI NATAR. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dan Tingkat Ekonomi Tentang Kejadian Stunting, 3(2), 14–15.

Febrilia, T. U. (2021). Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Produksi Suara Dalam Paduan Suara Anak Sekolah Minggu Gereja Toraja Jemaat Efrata Pattedong Di Kabupaten Luwu. UNM, 1–13.

Hidayatullah, R. (2022). Pendidikan Musik: Sebuah Pendekatan Pembelajaran untuk Anak di Era 4.0. BRIN.

Marcelina, S., Puspita, V., & Melindawati, S. (2022). Pelatihan Dan Implementasi Metode Kodaly Pada Pembelajaran Seni Musik Bagi Guru Sd Betha Plus Kota Padang. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 105–112. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v2i1.2352

Sanjaya, Y., Habsary, D., & Kurniawan, A. (2019). Jurnal Seni dan Pembelajaran. Jurnal Seni Dan Pembelajaran, 10(4), 1–7. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPS

Wulandari, R. (2013). PENGEMBANGAN METODE KODÁLY DALAM PENGENALAN NADA PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 52–60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.