PROSES KREATIF EKSTRAKULIKULER MUSIKALISASI PUISI DI SMK K.H A WAHAB MUHSIN TASIKMALAYA

Ali Nurdin

Abstract


This study aims to find out the process of poetry musical extracurricular activities at K.H A Wahab Muhsin Vocational School and how to foster students' interest in poetry music extracurricular activities. This study uses a qualitative method with an analytic descriptive approach. with data collection techniques using observation, interviews, documentation and literature study. The results of this study are extracurricular activities outside of school hours and still included in formal education at school. These extracurricular activities are no less important than intracurricular activities, because by participating in these extracurricular activities students are given the opportunity by the school to further develop their talents, interests and hobbies that students like. There are various kinds of extracurricular activities in school, one of which is Poetry Musicalization. Poetry musicalization is a way of conveying poetry by turning a poem into a song. The musical arrangement used must also be in harmony with the meaning of the poem to be conveyed. But on the other hand, for musical instruments there are no limitations for using any musical instrument. For the instruments used at K.H A Wahab Muhsin Vocational School, they use non-conventional musical instruments, namely musical instruments that are not as usual.

 

Keywords: Extracurriculars, Poetry Musicalization, Non-Conventional Musical Instruments.


Full Text:

PDF

References


Andini, Jihan (2023) “Pelatihan Ekstrakulikuler Teater Pada Siswa Di SMA Negeri 2 Lamongan”. Jurnal Pendidikan Sendratasik.Vol 12. No. 2, ISSN 2828-9218.

Cahyaningtyas, Ade. W (2020) “Implementasi Muatan Lokal Pada Pembelajaran Program Paket C Di PKBM Mitra Harapan Semarang”. Skripsi, Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Fatihah, Indira Trisna (2022) “ Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Matematika Di SDIT Taqiyyah Rosyida Tahun Ajaran 2021/2022”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Heryanti (2016) ”Peningkatan Kemampuan Bermusikalisasi Puisi Melalui Teknik Pemodelan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pringsewu Tahun Ajaran 2016/2017. Tesis. Program Pasca Sarjana Magister. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Kadir, Herson,dkk (2013) “Pias-pias Materi Bahsa Dan Sastra Indonesia” Yogyakarta:Deepublish. CV Budi Utama. ISBN Elektronik:978-673-7022-886

Lele, Aryanti A. U (2013) “ Upaya Meningkatkan Teknik Vokal Pada Paduan Suara Inovatif Dengan Menggunakan Metode Imitasi Dan Dril” Skripsi. Jurusan Pendidikan Seni Musik. Fakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta

Pratiwi, Septiana (2018) “Pengaruh Presentasi Belajar Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mlati.” Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Putra, Heri S (2014) “ Pengaruh Pendidikan Formal, Perhatian Serta Pendapat Orang Tua Dengan Prestasi Belajar TIK Siswa Kelas X SMA Negeri Ngabang”. Skripsi. Program Studi Teknik Informatika. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramadhan, Syahrul A (2018) “ Meningkatkan Kemampuan Praktik Pola Ritme Dengan Instrumen Musik NonKonvensional Kelas VIII SMP Nege’ri 9 Pontianak”. Artikel. Program Pendidikan Seni Tari Dan Musik. Jurusan Pendidikan Bahsa Dan Seni Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Rezeki, Putri S (2023) “ Eksistensi Seni Qasidah Grup Almanar Kecamatan Mangkubumi Tasikmalaya” Skripsi. Program Studi Seni Drama Tari Dan Musik. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Sadirman, A. M (1997) “Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Salad, Hamdy (2015) “Panduan Wacana Dan Apresiasi Musikalisasi Puisi”. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. ISBN:978-602-229-469-6.

Sarwinto, Alfris (2016) “Strategi Pembelajaran Ekstrakulikuler Karawitan Di SMP Negeri 1 Bantul”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Seni Musik. Fakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.

Shaleh, Abdul dkk (2004) “ Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Sofwan, Maulina (2023) “Proses Pembuatan Gitar Akustik Handmade buatan kang Me’eng Di Wargakerta Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya” Program Studi Seni Drama Tari Dan Musik. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Sugiyono (2014) “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta. ISBN: 979-8433-64-0

Suryabrata, Sumadi (2011) “ Psikologi Pendidikan”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wijayanti, Dewi. N (2017) “Pembelajaran Ekstrakulikuler Tari Topeng Ireng Di SMP Negeri 3 Temanggung”. Pendidikan Seni Drama Tari Dan Musik. Fakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Negeri Semarang.

Yatminah, Dwi (2017) “ Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Bermain Musik Ansamble Dengan Model Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas VIII A SMP Murni 1 Surakarta Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Dwija Utama : Jurnal Pendidikan. ISSN: 1979-9098


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.