Analisis SWOT Pada Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung

Hanisa O. Jati, Indra Bulan, Lora Gustia Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengidentifikasi faktor-faktor permasalahan yang terdapat pada ekstrakurikuler seni tari dengan menggunakan analisis SWOT seperti kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kekuatan utama yaitu pelatih yang sudah berkompeten di bidangnya, kelemahan utama yaitu support yang lemah dari pihak sekolah, peluang utama yaitu terdapat perlombaan dari FLS2N dan event seni lainnya yang dapat memberikan kemajuan pada ekstrakurikuler seni tari, ancaman utama yaitu ketika melihat ekstrakurikuler lain secara perlahan berprestasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi peningkatan yang tepat untuk dapat diterapkan oleh ekstrakurikuler seni tari di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung yaitu strategi SO (Strength-Opportunity). Alternatif strategi yang dapat digunakan yaitu meningkatkan kualitas latihan, melakukan laporan evaluasi, memperluas informasi kompetisi.

 

Kata kunci: Analisis SWOT, Ekstrakurikuler, Seni Tari.


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, A., & Sulfasyah, J. A. 2016. Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja. Jurnal Equilibrium

Pendidikan Sosiologi, 4(2), 1-8.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Edisi Revisi Ke-5 Tahun 2006). Bandung: CV Alfabeta.

Asmani, J. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Pers. Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Bandung: Citra Umbara.

Harjanti, P. 2020. Manajemen Ekstrakurikuler Seni Budaya dalam Mewujudkan Mutu Pendidikan SMP. Media

Manajemen Pendidikan, 3(2), 292-301.

Ida Wahidah. 2016. Kontribusi Manajemen Fasilitas dan Mutu Layanan Terhadap Prestasi Olahraga Sepakbola (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Unsil Tasikmalaya). Journal of SPORT. Vol 1 No 1

Mulyani, Novi. 2017. Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya.

Rahim, R., dan Radjab, E. 2017. Manajemen Strategi. Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas

Muhammadiyah Makassar. Makassar. 230 hlm.

Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Salirawati, D. 2012. Percaya diri, keingintahuan, dan berjiwa wirausaha: tiga karakter penting bagi peserta

didik. Jurnal Pendidikan Karakter, (2).

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sustiyo Wandi, Tri Nurharsono, Agus Raharjo. 2013. Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations. Vol 2 No 8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.