Persepsi Siswa Laki-Laki Terhadap Pembelajaran Seni Tari Di SMPN 3 Way Tuba
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa laki-laki terhadap pembelajaran seni tari di SMPN 3 Way Tuba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer didapatkan berdasarkan hasil kuesioner dan sumber data sekunder didapatkan berdasakan hasil wawancara kepada guru seni budaya. Kuesioner dalam penelitian ini diberikan kepada 29 siswa laki-laki kelas VIII SMPN 3 Way Tuba yang terdiri dari 35 butir pertanyaan. Terdiri dari 31 pertanyaan positif dan 4 pertanyaan negatif. Pertanyaan kuesioner berdasarkan faktor internal yang terdiri dari fisiologis, minat, kebutuhan, perhatian dan suasana hati, sedangkan faktor eksternal terdiri dari stimulus dan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 29 siswa, faktor internal hanya terdapat 1 siswa (4%) yang memiliki skor tinggi dan faktor eksternal terdapat 10 siswa (34%) yang memiliki skor tinggi, dan terdapat 18 siswa (62%) siswa mendapatkan skor rendah. Dengan demikian persepsi siswa laki-laki terhadap pembelajaran seni tari di SMPN 3 Way Tuba termasuk kedalam kategori rendah.
Kata Kunci: persepsi, siswa laki-laki, pembelajaran seni tari.
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Jazuli, M. (2016). Mempertimbangkan Pendidikan Seni. Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni
Lestari, N. R. (2017). Pentingnya Pendidikan Seni Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni
Setiawan, dkk. (2021). Persepsi Siswa SMA Di Bandar Lampung Terhadap Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Seni Pertunjukan Virtual. Jurnal Seni dan Pembelajaran.
Slameto (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: CV. Bina Aksara
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media
Walgito (2019). Pengantar Psikologi Umum, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Warsito (2019). Peningkatan Minat Belajar Matematika Kelas IV Melalui Alat Peraga Layang-Layang. Jurnal Sinektik, 242-248.
Wendhaningsih (2015). Pembelajaran Tari Melinting Menggunakan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Di SMP, Jurnal Seni dan Pembelajaran.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Seni dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.