Persepsi Siswa Laki-Laki Terhadap Pembelajaran Seni Tari Di SMPN 3 Way Tuba

Siti Novia, Indra Bulan, Nabilla Kurnia Adzan

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa laki-laki terhadap pembelajaran seni tari di SMPN 3 Way Tuba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer didapatkan berdasarkan hasil kuesioner dan sumber data sekunder didapatkan berdasakan hasil wawancara kepada guru seni budaya. Kuesioner dalam penelitian ini diberikan kepada 29 siswa laki-laki kelas VIII SMPN 3 Way Tuba yang terdiri dari 35 butir pertanyaan. Terdiri dari 31 pertanyaan positif dan 4 pertanyaan negatif. Pertanyaan kuesioner berdasarkan faktor internal yang terdiri dari fisiologis, minat, kebutuhan, perhatian dan suasana hati, sedangkan faktor eksternal terdiri dari stimulus dan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 29 siswa, faktor internal hanya terdapat 1 siswa (4%) yang memiliki skor tinggi dan faktor eksternal terdapat 10 siswa (34%) yang memiliki skor tinggi, dan terdapat 18 siswa (62%) siswa mendapatkan skor rendah. Dengan demikian persepsi siswa laki-laki terhadap pembelajaran seni tari di SMPN 3 Way Tuba termasuk kedalam kategori rendah.

 

Kata Kunci: persepsi, siswa laki-laki, pembelajaran seni tari.

 

 


References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Jazuli, M. (2016). Mempertimbangkan Pendidikan Seni. Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni

Lestari, N. R. (2017). Pentingnya Pendidikan Seni Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni

Setiawan, dkk. (2021). Persepsi Siswa SMA Di Bandar Lampung Terhadap Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Seni Pertunjukan Virtual. Jurnal Seni dan Pembelajaran.

Slameto (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: CV. Bina Aksara

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media

Walgito (2019). Pengantar Psikologi Umum, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Warsito (2019). Peningkatan Minat Belajar Matematika Kelas IV Melalui Alat Peraga Layang-Layang. Jurnal Sinektik, 242-248.

Wendhaningsih (2015). Pembelajaran Tari Melinting Menggunakan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Di SMP, Jurnal Seni dan Pembelajaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.