PEMBELAJARAN TARI BEDANA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EKSPOSITORI PADA SMP NEGERI 1 PUNGGUR
Abstract
The issue discussed in this study is learning bedana dance using the exspository model of class VIII in SMP N 1 Punggur Lampung Tengah year 2011/2012. The purpose of this study is to describe how the process of learning bedana dance using the expository model of class VIII in SMP N 1 Punggur Lampung Tengah 2011/2012. This study used some theories it is learning theory, the concept of expository teaching, The procedure of using exposirory teaching, understanding bedana dance, and the elements of bedana dance. The method of this research used descriptive method. The data collection techniques used observations, interviews,and documentation which used camera and techniques of test. Based on data analysis, bedana dance learning using expository model to class VIII SMPN 1 Punggur center lampung quite well with the average value of 88.09%.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pembelajaran tari bedana dengan menggunakan model exspositori pada kelas VIII di SMP N 1 Punggur Lampung Tengah tahun 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari bedana dengan menggunakan model ekspositori pada kelas VIII di SMP N 1 Punggur Lampung Tengah 2011/2012. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yaitu teori pembelajaran, konsep pembelajaran ekspositori, prosedur penggunaan pembelajaran ekspositori, pengertian tari bedana,dan elemen tari bedana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan pendokumentasian yang dilakukan dengan menggunakan kamera dan teknik tes. Berdasarkan teknik analisis data, pembelajaran tari bedana dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori VIII SMP N 1 Punggur Lampung Tengah tergolong baik dengan nilai rata-rata 88,09%.
Kata kunci:ekspositori, pembelajaran, tari bedana
Full Text:
PDFReferences
Firmansyah. 1997. Mengenal Tari Bedana . Gunung Persegi Bandar Lampung.
Hasan, Hafizi. 1992. “Deskripsi Tari Bedana” Bandar Lampung: DEPDIKBUD
Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Soedarsono. 1972. Tari-tarian Indonesia . Proyek Pengembagan Media Kebudayaan.
Soedarsono. 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta : Akademi Seni tari Indonesia Yogyakarta
Rohani, Ahmad. 2010. Pengolaan Pengajaran. Jakarta: ineka Cipta
Winataputra, Udin S. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)