Bentuk Apresiasi Masyarakat Terhadap Pertunjukan Virtual Tari Tradisional Lampung Di Era New Normal

Sairul Anwar, Prata Hanifah Khoirunnisa, Goesty Ayu Mariana Devi Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat dan persepsi masyarakat mengenai pertunjukan virtual tari tradisional lampung di era new normal. Untuk mendapatkan sampel yangUntuk mendapatkan sampel yang mewakili populasi dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 150 orang. Pengumpulan data primer didapatkan dengam cara observasi, tanya jawab dengan masyarakat yang terkait dan dengan pengisian kuesioner yang dilakukan oleh masyarakat sebagai “stakeholder”. Data sekunder diadapatkan dari instansi yang terkait dengan topik ulasan. Data dianalisis dengan dibagi menjadi analisis aspek sosial dan analisis perubahan aspek lingkungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapat dan persepi masyarakat dari segi pertunjukan virtual cukup antusias dalam mengapresiasi sebuah pertunjukan virtual tari tradisional lampung di era new normal ini. Perubahan aspek lingkungan mempengaruhi dunia seni sehingga terjadi perubahan berupa dari pertunjukan secara langsung menjadi pertunjukan virtual sehingga akan mempengaruhi bentuk apresiasi masyarakat terhadap sebuah pertunjukan.

 

Kata Kunci :Bentuk Apresiasi Masyarakat, Pertunjukan Virtual Tari Tradisional Lampung, Era New Normal.


Full Text:

PDF

References


Dwiyana Habsary, D., Bulan, I., & Afrizal, Y. S. (2021, February). Manajemen Pertunjukan Virtual: Kreativitas Di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2021 (pp. 260-265). FKIP Unila.

Melini, S. (2021). Apresiasi Masyarakat Pada Tari Cegak Di Desa Ul Ak Patian Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Putra, R. W., Sari, L. P., Meirina, R., Nursyam, Y., Hamzaini, H., & Zaidi, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Musik Digital Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3604-3611.

Rahmah, M. E., & Nikita, J. (2022). Dampak Penggunaan Teknologi dan Pameran Virtual pada Komunitas Seni Lokal Selama Pandemi. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 10(1), 9-18.

Ramadani, R. S., Kurniawan, A., & Juwita, D. T. (2020). PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN. Jurnal Seni dan Pembelajaran, 8(1).

Setiawan, A. Y., Adzan, N. K., & Putra, R. W. (2021). PERSEPSI SISWA SMA DI BANDAR LAMPUNG TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PLATFORM SENI PERTUNJUKAN VIRTUAL. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 6(2).

Zulaika, S. (2021). Apresiasi Masyarakat Terhadap Tari Tradisi Zapin Meskom Di Desa Sejangat Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##