Adaptasi Pembelajaran Tari Dimasa Pandemi
Abstract
Artikel ini membahas mengenai bagaimana adaptasi pembelajaran tari dimasa pandemi yang dilakukan di sekolah. Dari hasil pengamatan terhadap bagaimana kegiatan pembelajaran tari dilakukan saat pandemi lalu kami melihat bahwa adanya adaptasi yang cukup baik yang dilakukan para guru untuk menciptakan suasana belajar menari meskipun tidak secara tatap muka. Hal ini sangat terlihat dari banyaknya muncul bentuk-bentuk media pembelajaran tari berbasis video atraktif yang hadir saat masa pandemi lalu. Secara umum kegiatan pembelajaran tari benar-benar mampu beradaptasi dengan baik meskipun sebenarnya tidak bisa digantikan proses pembelajaran tatap muka
Kata Kunci: Adaptasi, Pembelajaran Tari, Pandemi
Full Text:
PDFReferences
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal basicedu, 4(4), 775-783.
Fatimah, N., & Hayati, E. H. (2021). Adaptasi Pekerja Seni Musik Dangdut di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 17(1), 35-46.
Hidajat, R. (2018). Tari Pendidikan Pengajaran Seni Tari untuk Pendidikan. Yogyakarta. Media Kreativa.
Kifta, D. A., Riyanda, A. R., Simatupang, W., Muskhir, M., & Irfan, D. (2021). Analysis of the Effect of Blended Learning Model on Employee Class Students Learning Motivation. Jurnal Pendidikan MIPA, 22(2), 226-234.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?. The Internet and higher education, 14(2), 129-135.
Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran oleh Guru SMK di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33-41.
Rahmawati, R., Putri, R. D., Nurdin, N., Triaristina, A., Rachmedita, V., & Wira, A. (2022). Efektifitas Implementasi Video Conference Sebagai Media Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 10(3), 33-38.
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 66-71.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Syapriayati, D. (2021). ADAPTASI DALAM PROSES KOMUNIKASI GURU DAN SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 “Studi Kasus SMA Negeri 20 Palembang” (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).
Utami, W. T., Yeni, I., & Yaswinda, Y. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional di Taman Kanak-kanak Sani Ashila Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 87-94.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Seni dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.