Makna Simbolis Gerak Tari Khudad Pekon Margakaya

Aulia Fitri Wibowo, Dwiyana Habsary, Nabilla Kurnia Adzan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna simbolis yang terdapat pada Tari Khudad yang berkembang di pekon Margakaya Pringsewu. Penelitian ini menggunaka jenis penelitian deskriptif  kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.  Penelitian ini menggunakan teori semiotika milik Charles S. Pierce untuk melihat tiga klasifikasi tanda yang disebut trikotomi yaitu ikon, indeks, dan simbol pada tari Khudad. Makna simbolis yang dihasilkan pada penelitian ini ialah tari Khudad yang merupakan tari arak-arakan pada upacara adat perkawinan masyarakat pekon Margakaya yang merupakan tarian kesatuan dan persatuan untuk mempererat tali persaudaraan dan tarian pemersatu kedua keluarga dari pengantin. 

 

Kata kunci: Makna Simbolis, Tari Khudad


Full Text:

PDF

References


Resi, L. A., Haryono, S., & Subiyantoro, S. (2019). Pendidikan Seni Tari Sanggar Seni Sarwi Retno Budaya Surakarta Sebagai Pengembangan Karakter Anak. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(3), 402-410.

Rian, H. A (2020). Nilai-nilai filosofis pada Simbol tari Pedang Masyarakat berkas Kota Bengkulu

Simbolik, M., Sontoloyo, T., & Kabupaten, G. (2013). Jurnal 7. 2(1).

Studi, P., Seni, P., Pendidikan, J., Drama, S., Dan, T., Bahasa, F., Seni, D. A. N., & Semarang, U. N. (2015). Makna Simbolik Tari Sigeh Penguten Lampung.

Zulham, M. (2010). Makna Simbol Tari Paduppa (Tari Selamat Datang) Kota Palopo. Al-Araf, 4(2), 157–172.

Zaimmar. (2008). JURNAL SENI TARI Tari Merak. Harmonia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.