KEMAMPUAN MENARI BEDANA SISWI KELAS XI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Abstract
This research aimed to describe the ability Bedana dance of students class XI in extracurricular activities SMA state 13 Bandar Lampung. Based on the results, it can be concluded that the level of ability Bedana dance of students at SMA state 13 Bandar Lampung included in the category enough, the average value of 73 with a spanned value 60%-74%. The students were able Bedana dance appropriate indicator wiraga, wirama and wirasa. But there are 3-4 errors in the Bedana dance indicators wiraga, wirama and wirasa. Average ability dancing of Bedana indicators is indicator wiraga the included in the category enough, the average value of 74 with a spanned value 60% -74%. On indicator wirama included in the category enough, the average value of 74 with a spanned value 60% -74%. And indicator wirasa included in the category enough, the average
value of 69 with a spanned value 60% -74%.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menari Bedana siswi kelas XI dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan menari Bedana siswi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung termasuk dalam kategori cukup, nilai rata-rata 73 dengan rentang nilai 60%-74%. Siswi mampu menari Bedana sesuai indikator wiraga, wirama dan wirasa. Namun terdapat 3-4 kesalahan dalam menari Bedana baik pada indikator wiraga, wirama dan wirasa. Rata-rata kemampuan menari Bedana per indikator yaitu pada indikator wiraga termasuk dalam kategori cukup, nilai rata-rata 74 dengan rentang nilai 60%-74%. Pada indikator wirama termasuk dalam kategori cukup, nilai rata-rata 74 dengan rentang nilai 60%-74%. Dan indikator wirasa termasuk dalam kategori cukup, nilai rata-rata 69 dengan rentang nilai 60%-74%.
Kata kunci : ekstrakulikuler, kemampuan, tari bedana
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Saiful Bahri & Ahmad Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka cipta.
Firmansyah, dkk. 1996. “Mengenal Tari Bedana”. Bandar Lampung: Gunung Persagi.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)