PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DI TK BINTANG CERIA

Putri Indriyani, I Wayan Mustika, Muhammad Fuad

Abstract


The problem in this research is how learning of bedana dancing use playing method in Bintang Ceria 2 Kindergarten Bandar Lampung. The aim of this research is to describe the learning of bedana dance kindergarten use playing methode also the student activities in Bintang Ceria 2 Bandar Lampung.This research is a qualitative descriptive research. The theory which use is learning theory and function theory. The source of data in this research is the teacher , the principal and the childrens in the bedana dance learning use playing method in the extracurricular activity. The data collecting technical which is used are observation, interview and documentary. The steps by steps to data analys is data reduction and data arrangement. The result of this research shows that bedana dancing use playing method in this school is good enough, but they could not danced the whole of bedana dancing good yet. The student activities in the dance learningcould be said good if we see the antusiasm and williinones of the children to learn.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran tari bedana menggunakan metode bermain di TK Bintang Ceria 2 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari bedana menggunakan metode bermain serta mendeskripsikan aktivitas siswa di TK Bintang Ceria 2 Bandar Lampung.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori pembelajaran dan teori fungsi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan anak – anak dalam pembelajaran tari bedana menggunakan metode bermain di dalam kegiatan ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi,wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data yang didahului dengan mereduksi data dan penyusunan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran tari bedana menggunakan metode bermain di sekolah ini cukup baik.

Kata kunci : metode bermain, pembelajaran, tari bedana

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S. 1992. Metode Penelitian Naturalistik – Kualitatif. Bandung: TARSITO.

___ 2008. Deskripsi Tari Bedana. Bandar Lampung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata UPTD Taman Budaya Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)