Pembelajaran Tari Bedana Menggunakan Metode Group Investigation Di SMA Bina Mulya Bandar Lampung

Mei Novita Sari, susi wendhaningsih, I wayan mustika

Abstract


This study discusses the process and learning outcomes of bedana dance at SMA Bina Mulya Bandar Lampung. The formulation of the problem in this research is how the process and learning outcomes of bedana dance use the group investigation method in Bina Mulya Bandar Lampung High School. This research aims to describe the process and learning outcomes of bedana dance using the group investigation method in SMA Bina Mulya Bandar Lampung. This research is a descriptive type of research through a qualitative approach by directly observing the process and results of Bedana dance learning using the group investigation method. The teacher uses a group investigation method with six stages and gets the results of student learning in bedana dance learning with good criteria with an average value obtained by students, namely 81.3.

Penelitian ini membahas tentang proses dan hasil pembelajaran tari bedana di SMA Bina Mulya Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari bedana menggunakan metode group investigation di SMA Bina Mulya Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari bedana menggunakan metode group investigation di SMA Bina Mulya Bandar Lampung. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan mengamati secara langsung proses dan hasil dari pembelajaran tari bedana menggunakan metode group investigation. Guru menggunakan metode group investigation dengan enam tahapan dan mendapatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari bedana dengan kriteria baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 81.3.

Kata kunci: Metode group investigation, Pembelajaran dan tari bedana.


Full Text:

PDF

References


Hamdani. (2010). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Majid, A. (2014). Strategi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pidarta. (2009). Landasan kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Rachmawati, D. (2015). Teori belajar dan proses pembelajaran yang mendidik. Malang: Gava Media.

Suryosubroto. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Uno, B. (2011). Belajar dengan pendekatan pailkem. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.