PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI SIGEH PENGUTEN DI SDN 2 SUKADANA PASAR LAMPUNG TIMUR

Citra Aulia Sanjaya, Agung Kurniawan, Susi Wendhaningsih

Abstract


This study discusses the Sigeh Penguten dance learning process using the drill method. This study aims to describe the learning process of Sigeh Penguten dance using the drill method. This type of research is descriptive qualitative. The techniques used to collect data are observation, interviews, documentation, and non-tests. The learning theory used is behavioristic theory. The training method is applied to the learning of Sigeh Penguten dance movements from the first meeting to the end. The steps of using the method of training in the learning process of Sigeh Penguten dance moves namely the teacher prepares the class in advance, warms up, then tells the learning objectives to the students before delivering the material, engages students to be active in learning, conducts a practice activity concludes the learning outcomes. Seen from all students are able to pay attention, listen and demonstrate the range of motion well.

 

Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran tari Sigeh Penguten menggunakan metode drill. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari Sigeh Penguten menggunakan metode drill. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan non-tes. Teori pembelajaran yang digunakan yaitu teori behavioristik. Metode latihan diterapkan pada pembelajaran ragam gerak tari Sigeh Penguten dari pertemuan pertama hingga akhir. Langkah-langkah penggunaan metode latihan pada proses pembelajaran ragam gerak tari Sigeh Penguten yaitu guru mempersiapkan kelas terlebih dahulu, melakukan pemanasan, lalu memberitahukan tujuan pembelajaran kepada siswa sebelum manyampaikan materi, melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran, melakukan kegiatan latihan menyimpulkan hasil pembelajaran. Dilihat dari seluruh siswa mampu memperhatikan, mendengarkan dan memperagakan ragam gerak dengan baik.

 

 

Kata Kunci: Metode Drill, Pembelajaran, Tari Sigeh Penguten.


Full Text:

PDF

References


A.M. Sadirman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajagrafindo.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustika, I Wayan. (2013). Tari Muli Siger. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Nooryan Bahari. (2014). Kritik Seni : Wacana, Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soedarsono. (1978). Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Seni dan Pembelajaran