Penggunaan Internet sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMK Pelita Gedong Tataan
Abstract
The study discusses the use of the Internet as a learning resource for cultural Arts in SMK Pelita Gedong Tataan. This research was conducted to describe the learning process using the Internet as a learning resource in the tenth grade pharmaceutical students in SMK Pelita Gedong Tataan. The theory used is constructivistic theory. This type of research is a qualitative descriptive that directly observe and observe the learning process of cultural art. Data obtained through observation, interviews, documentation and data analysis.The results of Internet use research as a learning resource based on observation instruments, The instrument of Internet use is less successful, the student activity instrument is less successful.
Penelitian ini membahas tentang penggunaan internet sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Seni Budaya di SMK Pelita Gedong Tataan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan internet sebagai sumber belajar di kelas X Farmasi di SMK Pelita Gedong Tataan. Teori yang digunakan adalah teori konstruktivistik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mengamati secara langsung serta mengamati proses pembelajaran seni budaya. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian penggunaan internet sebagai sumber belajar berdasarkan instrumen pengamatan, yaitu instrumen penggunaan internet kurang berhasil, instrumen aktivitas siswa kurang berhasil.
Kata kunci : Internet, Pembelajaran, dan Seni Budaya
Full Text:
PDFReferences
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.367 hlm
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya.Jakarta: PT Rineka Cipta.295 hlm
Rusman. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 447 hlm
Satori. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabet.336 hlm
Sugiyono. (2015).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 456 hlm
Yanti, D.(2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Tari Tradisionallumense Kelas VIII SMP Negeri 16 Poleang Tengah. Jurnal Pembelajaran Seni & Budaya.4(1),1-8.
Aulia, R. (2019). Pembelajaran gerak tari muli siger menggunakan metode latihan (drill metodh) untuk meningkatkan psikomotorik siswa Mts Negeri 1 Bandar Lampung. Jurnal Seni dan Pembelajaran.1(1),1-7.
Suharmanto, A.(2017). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum.1(3),1-18.
Oktaliana, W. (2019). Penggunaan Model Explicit Instruktion Dalam Pembelajaran Tari Bedayo Tulang Bawang Pada Extrakurikuler Tari Di SMK PGRI 4 Bandar Lampung. Jurnal Seni dan Pembelajaran.1(1).1-6.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.