Penggunaan Metode Hypnoteaching Dalam Pembelajaran Tari Sigeh Penguten Pada Ekstrakurikuler di SD Negeri 1 Pringsewu Barat

Muhammad Amrulloh, I Wayan Mustika, Indra Bulan

Abstract


Research on the use of hypnoteaching methods in learning Sigeh Penguten  dance in extracurricular activities at SD Negeri 1 Pringsewu Barat aims to observe the steps and results of using hypnoteaching methods in learning Sigeh Penguten  dance. This research is based on respondent conditioning theory and uses descriptive field research methods through a qualitative approach. Sources of data obtained from primary and secondary data sources conducted by observation, interviews and documentation then performed data analysis by data reduction, data presentation and data verification. The results showed the use of hypnoteaching method in learning Sigeh Penguten  dance carried out four steps in its implementation which were arranged in emotional hours, namely calm sessions, serious sessions, independent sessions and relaxed sessions and were said to be successful. This can be proven from 4 students getting excellent categories, 5 students getting good categories, and 1 student getting enough categories with an average value of 80.5.

 

Penelitian penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran tari Sigeh Penguten  pada ekstrakurikuler di SD Negeri 1 Pringsewu Barat bertujuan untuk mengamati langkah-langkah dan hasil penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran tari Sigeh Penguten. Penelitian ini berlandaskan teori respondent conditioning dan menggunakan metode lapangan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran tari Sigeh Penguten  dilakukan empat langkah dalam pelaksanaannya yang diatur dalam jam emosi, yaitu sesi tenang, sesi serius, sesi mandiri serta sesi santai dan dikatakan berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dari 4 peserta didik memperoleh kategori baik sekali, 5 peserta didik memperoleh kategori baik, dan 1 peserta didik memperoleh kategori cukup dengan rata-rata nilai 80,5.

Kata kunci: Metode Hypnoteaching, Pembelajaran, Tari Sigeh Penguten


Full Text:

PDF

References


Damsar. (2012). Pengantor Sosiologi Pendidikan. Semarang: Kencana. 237 hlm.

Djamarah., & Syaiful, B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta. 343 hlm.

Jaya., & Novian, T. (2010). Hypnoteaching Bukan Sekedar Mengajar. Bekasi: D- Brain. 142 hlm.

Lusiana. (2018) Pembelajaran Tari Bedana Menggunakan Metode Student Team Achievement Division (Stad) Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMAN 1 Seputih Mataram. Jurnal Seni dan Pembelajaran. 6 (3) : 6 hlm.

Menteri, P. (2009). Standar Nasional Pendidikan. Yogyakarta: Dwi Karya Mulia. 207 hlm.

Yustisia, N. (2012). Hypnoteaching. Yogyakarta:A-Ruz Media. 157 hlm.

Roestiyah, N. (1994). Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. Jakarta: Rineka Cipta. 91 hlm.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta. 334 hlm.

Sujarweni, V., & Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. 250 hlm.

Sukmadinata,. & Nana, S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 286 hlm.

Sustiawati, N. (2015) Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning. MUDRA Jurnal Seni Budaya. 32 (1) : 208 hlm.

Violita, M. (2017) Pembelajaran Tari Muli Siger Menggunakan Metode Drill Dan Media Audio Visual Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Di SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Jurnal Seni dan Pembelajaran. 6 (4) : 6 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.