Kemampuan Siswa Menari Muli Siger Menggunakan Model SAVI Pada Ekstrakurikuler Di SMA Negeri Natar
Abstract
This study discusses the ability of students to perform Muli Siger Dance using the SAVI learning model on extracurricular activities in SMA Negeri 1 Natar. This research was conducted to describe the ability of students to perform Muli Siger Dance using SAVI learning models and learning outcomes of Muli Siger Dance by referring to constructivistic theories and using descriptive qualitative research types. Data collection techniques obtained were done by observation, interviews, and documentation as well as primary data sources and secondary data sources. The SAVI learning model is implemented by conveying learning objectives, conveying material with concrete examples, giving students the opportunity to ask questions and discuss, provide evaluations and conduct tests. Student learning outcomes in learning Muli Siger Dance get good criteria with an average value obtained by students is 80.94.
Penelitian ini membahas tentang kemampuan siswa menari Tari Muli Siger menggunakan model pembelajaran SAVI pada ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Natar. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menari Tari Muli Siger menggunakan model pembelajaran SAVI dan hasil belajar Tari Muli Siger dengan mengacu pada teori konstruktivistik dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta sumber data primer dan sumber data sekunder. Model pembelajaran SAVI dilaksanakan dengan menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan materi dengan contoh nyata, memberikan kesempatan siswa bertanya dan diskusi, memberikan evaluasi dan melakukan tes. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tari Muli Siger mendapat kriteria baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 80,94.
Kata kunci: Kemampuan, Model Pembelajaran SAVI, Tari Muli Siger
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta Selatan: Bumi Aksara. 167 hlm.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar dan Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. 344 hlm.
Rachmawati, T. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang mendidik. Malang: Gava Media. 189 hlm.
Robbins, S. (2007). “Manajemen”, Edisi Kedelapan, Jakarta: Penerbit PT Indeks. 137 hlm.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 237 hlm.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta. 456 hlm.
Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: PT Remaja. 260 hlm.
Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara Bandung PT Remaja Rosdaka Karya. 217 hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran