Pembelajaran Ragam Gerak Tari Sigeh Penguten pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Blambangan Umpu

Indria Agustina, Agung Kurniawan, Dwiyana Hapsary

Abstract


This research is talking about learning process of movement variant in sigeh penguten dance. This research used theory of behavioristic to understand correlation between this theory to the research. This research is descriptive qualitative, which describe process of learning about variant movement of the dance. This research using method of data collective such as observation, interview, documentation and observation of students directly. And analyzing data by doing reduction, presentation, and conclusion. The learning  process of the sigeh penguten traditional dance could we see at standard of it, such as the posture of body, posture and movement of feet, posture of leg, posture of hand,  neck movement and the way of eyes move during dancing. The result of this research showing that process of this learning was not maximum yet, because of less of knowledge about the rule of this traditional dance then the students didn’t improve in movement or the knowledge of the dance.



Penelitian ini merupakan proses pembelajaran mengenai materi ajar  ragam gerak tari sigeh penguten. Penelitian ini menggunakan teori behavioristik, teori ini digunakan untuk mengetahui bagaimanakah kaitan teori tersebut terhadap penelitian. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan proses pembelajaran mengenai materi ajar ragam gerak tari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan terhadap peserta didik. Analisis data dengan melakukan reduksi, penyajian, dan menarik kesimpulan. Proses pembelajaran mengenai materi ajar ragam gerak tari sigeh penguten ini dilihat dari patokkan baku dalam tari yaitu: sikap badan, sikap dan gerak kaki, posisi tungkai, sikap tangan, gerak leher, pandangan mata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran belum berjalan maksimal, karena kurangnya pengetahuan mengenai patokan yang ada sehingga peserta didik kurang berkembang baik dalam bergerak maupun pengetahuan mengenai tari.

Kata kunci: pembelajaran, proses, tari sigeh penguten.


Full Text:

PDF

References


Dirman dan Juarsih, Cicih. 2004. Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Y. Sumandiyo. 2011. Koreografi Bentuk-Teknik-Isi. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Hapsari, Dwiyana dan Bulan, Indra. 2016. Evaluasi Pembelajaran Seni Tari Tradisional Daerah Lampung. Yogyakarta: Arttex.

Mustika, I Wayan. 2013.Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Bandar Lampung: Aura.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto. 2012. Tari Klana Alus Sri Suwela Gaya Yogyakarta Perspektif Joged Mataram. 3 (1): 1-16. Jurnal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.