Manfaat Olah Tubuh Dalam Pembelajaran Tari Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMA SWADHIPA Bumisari Natar
Abstract
This research is benefits of body exercise in learning dance in extracurricular activities at SMA SWADHIPA Bumisari Natar was conducted to see the process and learning outcomes of bedana dance based on behavioristic theory. This research using a qualitative descriptive which directly observes the process and results of bedana dance learning using role playing learning models. Sources of data in this study were 8 students who participated in extracurricular activities as well as teachers of extracurricular dance. Data obtained in this study was carried out by observation, interviews, documentation, and practical tests. The result showed the students, in the first and second meetings there were only 3 students (37.5%), in the third meeting there were 4 students (50%), at the meeting fourth there are 6 students (75%), in the fifth meeting there are 7 students (87.5%), and the sixth meeting 8 students (100%).
Penelitian ini mengenai manfaat olah tubuh dalam pembelajaran tari pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA SWADHIPA Bumisari Natar dilakukan untuk melihat proses dan hasil belajar tari bedana dengan teori behavioristik. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif yang mengamati proses dan hasil manfaat olah tubuh dari pembelajaran tari bedana menggunakan model pembelajaran bermain peran. Sumber data dalam penelitian ini adalah 8 siswa dan guru ekstrakurikuler. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Hasil pengamatan siswa yang diperoleh pada pertemuan pertama dan kedua hanya terdapat 3 siswa (37,5%), pada pertemuan ketiga terdapat 4 siswa (50%), pada pertemuan keempat terdapat 6 siswa (75%), pada pertemuan kelima terdapat 7 siswa (87,5%), dan pertemuan keenam 8 siswa (100%).
Kata kunci : Olah tubuh,Pembelajaran,Tari Bedana
Full Text:
PDFReferences
Mustika, I Wayan. 2013. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Anugrah Utama Raharja. Bandar Lampung. 105 hlm
Santoso, Sumedi. 1986. Olah Tubuh. Jurusan Karawitan Indonesia. Surakarta.
Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran: dalam Profesi Pendidikan Alfabeta. Bandung. 288 hlm
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alvabeta. Bandung. 266 hlm
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung. 334 hlm
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran