PEMBEBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN VIDEO INTERAKTIF DI KELAS XI SMAS AL HUDA

Dendi Fauzi, I Wayan Mustika, Indra Bulan

Abstract


This research study processes and results learning art and culture on video interactive in the eleventh grade of SMAS Al Huda.The purpose of the researchis to describe and observe dicrectly the process and learning outcomes. Behavioristic  learning theory is applied to the learning process to see changes in student behavior by using descriptive qualitative research. The data source in this study was 40 students of class XI (eleven). Data collection techniques obtained by observation, interviews, and documentation were then analyzed. Observations were made using interactive video usage sheets, teacher activities and test sheets. The result of this study indication the process of learning art and culture using interactive video can help students in class with an average value of 79.5 on good performance.

 

Penelitian ini mengkaji proses dan hasil pembelajaran seni budaya menggunakan video interaktif di kelas XI SMAS Al huda. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan serta mengamati secara langsung proses dan hasil pembelajarannya. Teori pembelajaran behavioristik yang diaplikasikan pada proses pembelajaran untuk melihat perubahan tingkah laku siswa dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas XI (sebelas). Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data. Pengamatan yang dilakukan dengan menggunakan lembar penggunaan video interaktif, aktifitas guru dan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukan proses pembelajaran seni budaya menggunakan video interaktif dapat membantu siswa dalam proses belajar mengajar dikelas dengan nilai rata-rata 79.5 pada keteria baik.

Kata kunci: Pembelajaran seni budaya, video interaktif


Full Text:

PDF PDF PDF

References


Arsyad, Azhar (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 243 hlm.

Rusman. (2014). Model model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 418 hlm

Purnomo, Edy. (2016). Dasar Dasar dan Perencanaan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademik. 166 hlm

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. 105 hlm

Satrio dan Komariyah (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabetta. 258


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran