Penggunaan Model Explicit Instruction dalam Pembelajaran Tari Bedayo Tulang Bawang pada Ekstrakurikuler Tari di SMK PGRI 4 Bandar Lampung

Wayan Oktaliana, I Wayan Mustika, Indra Bulan

Abstract


This study discusses the implementation of the learning Bedayo Tulang Bawang Dance using an explicit instruction model. The use of explicit instruction models at SMK PGRI 4 Bandar Lampung was done to explore the process and learning outcomes of Bedayo Tulang Bawang dance by referring to the behavioristic theory and using qualitative descriptive. The data were collected through observation, interviews and documentation. The learning process used the explicit instruction model carried out by conveying material background and learning objectives, demonstrating the materials gradually, doing guided practicing, checking understanding and providing feedback, and carryingout further exercises. The student’s learning outcomes in Bedayo Tulang Bawang  dance was determined goog with the mean score 78,1.

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran Tari Bedayo Tulang Bawang menggunakan model explicit instruction. Penggunaan model explicit instruction di SMK PGRI 4 Bandar Lampung dilakukan untuk melihat proses dan hasil belajar tari Bedayo Tulang Bawang dengan mengacu pada teori behavioristik dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.  Data yang diperoleh dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses pembelajaran menggunakan model explicit instruction dilaksanakan dengan menyampaikan latar belakang materi serta tujuan pembelajaran, mendemonstrasikan materi secara bertahap, melakukan latihan terbimbing, mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik, serta melakukan latihan lanjutan. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari Bedayo Tulang Bawang mendapatkan kriteria baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 78,1.

 

Kata kunci: Model Explicit Instruction, Pembelajaran, Tari Bedayo.



Full Text:

PDF

References


Majid, Abdul. (2013). Strategi pembelajaran: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.392 hlm.

Rachmawati, Tutik & Daryanto. (2015). Teori belajar dan proses pembelajaran yang mendidik. Malang: Gava Media.197 hlm.

Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta. 456 hlm.

Uno, B. Hamzah & Mohamad, Nurdin. (2015). Belajar dengan pendekatan pailkem. Jakarta: Bumi Aksara. 343 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.