Pembelajaran Tari Pada Siswa Tunanetra di SLB A Bina Insani Bandar Lampung
Abstract
This study aims to describe the implementation of dance learning in blind students at the SLB A Bina Insani Bandar Lampung through touching. The theory used is the behavioristic theory. This type of research is qualitative. The techniques used to collect data are observation, interview, documentation. Data sources are teacher and five blind students. The practice test assessment instrument includes two aspects: wiraga and wirama. The data analysis are reduction, presentation of data, and conclusions. The results of the study indicate that the practice test in the implementation of dance learning in blind students in a good category with an average score of 72.5.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tari pada siswa tunanetra di SLB A Bina Insani Bandar Lampung menggunakan perabaan. Teori yang digunakan adalah teori behavioristik. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data adalah guru dan lima siswa tunanetra. Instrumen penilaian tes praktik meliputi dua aspek yaitu wiraga dan wirama. Analisis data yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tes praktik dalam pelaksanaan pembelajaran seni tari pada siswa tunanetra dalam kategori baik dengan nilai rata rata 72.5.
Kata kunci: Seni Tari, Pembelajaran, Tunanetra
References
Atmaja, Jati. 2107. Pendidikan dan bimbingan anak berkebutuhan khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Hamid. 2017. Pedoman Pembelajaran Peserta Didik Tunanetra Pada Satuan Pendidikan Khusus. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Mustika, I Wayan. 2012. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Bandar Lampung. Anugrah Utama Raharja (AURA).
Rahayu, et al. 2014. Penyelenggaran Pendidikan Inklusif Bagi Anak Tunanetra Low Vision (Deskriptif Kualitatif di SMA N 3 Padang). Jurnal Ilmiah pendidikan khusus. Vol (3): 502.
Rudiyati, Sari. 2005. Pengembangan materi dan alat bantu pembelajaran anak tunanetra di sekolah terpadu/inklusi. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol (1).
Willings, Carmen. 2014. Art Adaptions For Students Who Are Blind Or Visually Impaired Teaching. https://www.teachingvisuallyimpaired.com/dance.htm (di akses 26 februari 2018).
Widodo, Wahyu.2016. Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, dan Pembelajaran Bermakna di Sekolah Dasar. Vol (xviii): 26.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran