Pemanfaatan Media Audio-Visual dalam Ekstrakurikuler Tari di SMKN 7 Bandar Lampung

Lidiyana Lidiyana, Agung Kurniawan, Dwiyana Habsary

Abstract


This study aims to describe the use of audio-visual media in Halibambang dance learning at SMKN 7 Bandar Lampung. This research uses a type of qualitative research, descriptive approach with field study methods. The data in this research are dance teacher and students who studied estracurricular dance at SMKN 7 Bandar Lampung. Data collection techniques in this research are observation, interview, and documentation. Data analyses in this research are data reduction, data display, and verivication. The result of the research shows that the use of audio-visual media in Halibambang dance learning is the teacher showing a variety of motion in tutorial video and musical accompaniment from Halibambang dance. Learning outcomes of students are considered as good criteria with the average value obtained was 80.7.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media audio-visual dan hasil dari pemanfaatan media audio-visual pada pembelajaran tari Halibambang di SMKN 7 Bandar Lampung.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif dengan metode studi lapangan. Data dalam penelitian ini adalah guru seni tari, dan 6 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media audio-visual dalam pembelajaran tari Halibambang yaitu guru menayangkan video tutorial ragam gerak beserta iringan musik dari tari Halibambang. Hasil belajar siswa mendapatkan kriteria baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 80,7.

Kata kunci: Media audio-visual, Pembelajaran seni tari, Tari Halibambang



Full Text:

PDF PDF

References


Gagne & Briggs. (1979). Pengertian Pembelajaran. http://www.scribd.com/doc/50015294/13/B-Pengertian-pembelajaran-menurut-beberapa-ahli. Diakses pada 11 November 2018.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. 334 hlm.

Musfah, Jejen. (2015). Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group. 352 hlm.

Mustika, I Wayan. (2012). Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Lampung: Anugrah Utama Raharja. 104 hlm.

Saryono & Anggraeni, Mekar Dwi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika. 232 hlm.

Satori & Komariah. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta. 258 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Seni dan Pembelajaran