Proses Kreatif Melalui Pendekatan Koreografi pada Ekstrakurikuler di SMPN 22 Bandar Lampung

Febrianto Wikan Jaya Ali, Susi Wendhaningsih, Agung Kurniawan

Abstract


The problem of the research was how the creative process of place, gesture, and time produced by the students while studying Lampungese creations dance learning using choreographic approach in extracurricular of SMPN 22 Bandar Lampung of which aim is to describe the creative process of Lampungese creations dance learning using choreographic approach. This research is descriptive qualitative by using method and technique of data collecting by interviewing teacher, and triangulation of data source of teacher and 7 students was the source of this research. Creative process produced by the students in the extracurricular of SMPN 22 Bandar Lampung was obtained by developing a basic movement given the teacher, and it is carried out through the exploration and improvisation stage by moving the body parts to stimulate the emergence of new movements, while the formation of motion is carried out to combine the movements already obtained.

 

Masalah dalam penelitian adalah bagaimana proses kreatif pada ruang, waktu dan gerak yang dihasilkan siswa dalam pembelajaran tari kreasi Lampung menggunakan pendekatan koreografi di ekstrakurikuler SMPN 22 Bandar Lampung dan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif yang dihasilkan tersebut. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif menggunakan metode dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan triangulasi sumber data terhadap guru dan 7 orang siswa.  Proses kreatif yang dihasilkan siswa pada kegiatan esktrakurikuler di SMPN 22 Bandar Lampung tersebut didapatkan dengan mengembangkan gerak dasar yang diberikan guru, dan dilakukan melalui tahap eksplorasi dan improvisasi dengan menggerakkan bagian tubuh untuk merangsang timbulnya gerakan baru, sementara pembentukan gerak dilakukan untuk menggabungkan gerakan yang sudah didapatkan.

 

Kata kunci: koreografi, proses kreatif, SMPN 22 Bandar Lampung, tari kreasi.


Full Text:

PDF PDF

References


Bahari, Nooryan. 2014. Kritik Seni; Wacana, Apresiasi dan Kreasi.Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 198 hlm.

Hadi, S. 2011. Koreografi Bentuk-Teknik-Isi. Cipta Media, Yogyakarta. 134 hlm.

Masunah, Juju dan Narawati, Tati. 2003. Seni dan Pendidikan Seni Sebuah Bunga Rampai. P4ST UPI, Bandung. 358 hlm.

Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Cipta Prima Nusantara, Semarang. 323 hlm.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Rajawali Pers, Jakarta. 480 hlm.

Sumardjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Penerbit ITB, Bandung. 372 hlm.

Suryani, Nunuk dan Agung, Leo. 2012. Strategi Belajar-Mengajar. Ombak, Yogyakarta.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Rineka Cipta, Jakarta. 313 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.