Pembelajaran Tari Sigeh Penguten Menggunakan Model Think Pair Share di SMA Paramarta 1 Seputih Banyak

Khalis Cundoko Manik, Hasyimkan Hasyimkan, Riyan Hidayatullah

Abstract


ABSTRACT

This research is trying to describe about how to use the Think Pair Share model on learning Sigeh Penguten dance in SMA Paramarta 1 Seputih Banyak. The theory on this research is Think Pair Share model, learning, and Sigeh Penguten dance. Source data of this research Think Pair Share models, Sigeh Penguten dance, teacher and 9 students.. The point procedure in Think Pair Share model include 3 steps. First is Think step, the teacher ask students to think about movement kind of the dance. Then the Pair step, the teacher ask students to make a discussion with other students. The last is Share step, the teacher ask student to share about the result of discussion in. The result by using Think Pair Share is be found a modification on Think step which not appropriate with the procedure. There is any a problem who on Pair step which not every student get partner as their wish so that effected on their  activity.


Penelitian ini mendeskripsikan bagaimanakah penggunaan Model Think Pair Share dalam pembelajaran tari sigeh penguten di SMA Paranarta 1 Seputih Banyak. Sumber data dalam penelitian ini adalah Model Think Pair Share, tari sigeh penguten, guru/pelatih tari dan 9 siswi. Prosedur inti pelaksanaan Model Think Pair Share meliputi 3 tahap. Pertama adalah tahap Think, siswi diminta untuk berfikir tentang ragam gerak tari. Tahap Pair, siswi diminta untuk  berdiskusi secara berpasangan. Tahap Pair, siswi diminta  menjelaskan hasil diskusinya. Hasil penggunaan metode Think Pair Share ini diketahui terdapat modifikasi yang dilakukan pada tahap Think yang tidak sesuaian dengan prosedur yang seharusnya. Selain itu terdapat masalah dalam tahap Pair dimana tidak semua siswi mendapatkan pasangan yang diinginkannya sehingga berpengaruh pada keaktifan siswi.

Kata Kunci : pembelajaran, think pair share, tari sigeh penguten

Full Text:

PDF

References


Daryanto dan Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Handayani, Fitri KD. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. STKIP PGRI Serui Papua. Vol. 2, No. 2 JPP Unila.

Pendidikan, B. S. N. 2007. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning : Meningkatkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta. PT. Grasindo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widodo, Joko. 2007. Efektivitas Penggunaan Metode Think Pair Share dalam Pembelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pembentukan Harga Pasar di SMP. Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Semarang.

Yulianti, Dwi. 2012. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Sains Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif. FKIP Unila. Vol. 2, No. 2 JPP Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran