Penggunaan Metode Demonstrasi Digunakan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA N 1 Seputih Raman

Ni Made Dwi Septianingsih, Hasyimkan Hasyimkan, I Wayan Mustika

Abstract


The formulation of the problem in this research is how the process and the result of learning the dance of the bedana using the demonstration method on extracurricular activities in SMA Negeri 1 Seputih Raman. This study aims to determine the use of demonstration methods on the learning of motion dance variety in extracurricular activities to improve student learning activities in SMA N 1 Seputih Raman Lampung Tengah. Teachers have applied demonstration methods to every learning process, but teachers also use other methods of lecture method and audio visual media method that support dance learning using demonstration method. Sources of data in this study were 8 students of class X who followed extracurricular activities and extracurricular tutors. This research design using descriptive qualitative research type.

 

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pembelajaran tari bedana menggunakan metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Seputih Raman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran ragam gerak tari bedana dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di SMA N 1 Seputih Raman Lampung Tengah. Guru telah menerapkan metode demonstrasi pada setiap proses pembelajaran, namun guru juga menggunakan metode lain yaitu metode ceramah dan metode media audio visual yang menunjang pembelajaran tari menggunakan metode demonstrasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 8 siswi kelas X yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan guru pembimbing ekstrakurikuler. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.

 


Kata kunci : pembelajaran, metode demonstrasi, tari bedana.


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Mustika, I. W., (2012), Tari Muli Siger, Lampung: Anugrah Utama Raharja

Nasution ,M A. 2009. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Raharjo Setiadi. 2014. Pembelajaran Tari Bedana Di Smpn 7 Bandar Lampung Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Pembelajaran Progresif. Vol.2 No.2.

Roetiyah,N.K. (2011). Strategi belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor : PT Ghalia Indonesia

Sudjana. (2002). Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Wetty S, Ni Nyoman 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Lampung: Universitas Lampung. Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran