Pembelajaran Tari Sigeh Penguten di RA Darul Falah Purworejo

Delvia Sri Mulyanti, Dwiyana Habsary, I Wayan Mustika

Abstract


The problem if this research was to find out the use of multi method and responses from students in learning sigeh penguten dancing in the dancing learning in Darul Falah Islamic Kindergarted of Purworejo by using some methods including playing method, audio visual method, and demonstration method and the students’ responses in the sigeh penguten learning process. This was a descriptive qualitative research. Data were collected by using observation, interview and documentation. Data were collected from teachers of Darul Falah Islamic Kindergarten in Purworejo and dancing students. The playing, audio-visual, and demonstration method were methods that involved students in learning since the beginning to the end. The multi method used in the sigeh penguten dance learning had succeeded and the use of audio-visual was the most effective and students liked it.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan dan respons siswa dalam belajar tari sigeh penguten pada pembelajaran tari di RA Darul Falah Purworejo menggunakan beberapa metode, yaitu metode bermain, media audio visual, dan metode demonstrasi juga mendeskripsikan respons siswa dalam dalam proses pembelajaran tari sigeh penguten. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru RA Darul Falah Purworejo dan siswa kelas pengembangan diri tari. Metode bermain, media audio visual, metode demonstrasi adalah metode yang melibatkan siswa dalam permbelajaran sejak pertemuan awal hingga akhir. Multi-method yang digunakan pada proses pembelajaran tari sigeh penguten sudah berhasil dan penggunaan media audio visual yang paling efektif dan disukai siswa.

 

Kata kunci:Penggunaan metode, pembelajaran tari sigeh penguten, respons siswa.


Full Text:

PDF

References


Amin, Kamaruddin, 2016. Panduan Kurikulum 2013 Raudlatul Athfal.

Arikunto, Suharsimi.2016.Managemen Penelitian.Jakarta:Rineka Cipta.504 hlm.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran.Jakarta:Rajagrafindo Persada.242 hlm.

Hamdayana.Jumanta.2016.Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara, Jakarta.

Mulyani, Novi. 2016.Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini.Gava Media, Yogyakarta. 164 hlm.

Mustika, I Wayan. 2013.Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Anugrah Utama Raharja, Bandar Lampung.

Sekarini, Nengah.2015. Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Tari Sigeh Penguten Di Smp Negeri I Tanjung Raya Mesuji.Jurnal Pembelajaran Progresif. Vol. 3 No. 2.

Setyosari, Punaji.2010.Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana,Jakarta. 298 hlm.

Sugiyono, 2015.Metode Penelitian Manejemen.Alfabeta, Bandung.806 hlm.

Sujiono, Nuraini Yuliani dan Bambang Sujiono.2010.Bermain Kreatif Berbasis Kercerdasan. Indeks, Jakarta.285

Suparti, Marina Susanti. 2017. Pengembangan Model Media Audio Pembelajaran Bermuatan Permainan Tradisional Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 5 No. 2, hal. 101.114

Tim Dosen PG-PAUD.2013.Pembelajaran Kelompok Bermain.Bandar Lampung: Tim Dosen. 115 hlm.

Wahyuni, Bunga Tri. 2017. Media Audio Visual dalam Pembelajaran Tari Melinting di MTs Negeri 2 Bandar Lampung.Jurnal Pembelajaran Progresif. Vol.5 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran