Pendekatan Kontekstual dalam Materi Ajar Elemen Gerak Tari di SMP Negeri 11 Bandar Lampung
Abstract
The formulation of the problem in this study is how to use a contextual approach to the teaching material of dance movement elements in 11 Bandar Lampung Junior High School. This study aims to describe the use of a contextual approach to the instructional elements of dance movement elements in 11 Bandar Lampung Junior High School. This research uses descriptive type with qualitative approach. Data collection techniques in this study are observation, interviews, and documentation. The research instrument used was observation guide, interview guide, and documentation guide. A contextual approach is good to be used for the delivery of instructional elements in dance classes, because students are involved directly in acquiring information, students become central to learning and do not become the main source of information. A contextual approach enables equalization of achievements because the teacher evaluates from various aspects.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan pendekatan kontekstual pada materi ajar elemen gerak tari di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunakan pendekatan kontekstual pada materi ajar elemen gerak tari di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, dan panduan dokumentasi. Pendekatan kontekstual baik digunakan untuk penyampaian materi ajar elemen gerak tari di dalam kelas, karena siswa dilibatkan langsung dalam pemerolehan informasi, siswa menjadi pusat dalam pembelajaran dan tidak menjadi sumber utama informasi. Pendekatan kontekstual memungkinan pemerataan prestasi karena guru melakukan penilaian dari berbagai aspek.
Kata kunci: Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, dan Elemen Gerak Tari
Full Text:
PDFReferences
Firmansyah, Junaidi. Hafizi Hasan dkk. 1996. Mengenal Tari Bedan. GUNUNG PESAGI. Bandar Lampung
Hidayat, Rahmad. 2016. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Sumur Putri Bandar Lampung. Universita Lampung. 59hlm.
Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.
Ibnu, Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Cerdas Pustaka Publishe. Jakarta.
________.2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif/TKI). Prenadamedia Group. Jakarta.
Jazuli, M. 2016. Peta Dunia Seni Tari. CV Farishma Indonesia. Sukoharjo.
Majib, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Mustika, Wayan. 2012. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Anugrah Utama Raharja (AURA). Bandar Lampung.
Rodiyah, Situ. 2015. Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Elemen Gerak Tari Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas VII A SMP Negeri 26 Semarang. Semarang. Universita Negeri Semarang. 108hlm
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta. Bandung
Wijaya, Saputra. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Universitas Lampung. 75hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran