Pembelajaran Seni Tari Menggunakan Pendekatan Saintifik Di Kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung

Adellia Fitriani, Susi Wendhaningsih, Riyan Hidayatullah

Abstract


This study aims to descri learning dance art using a scientific approach in class X SMA YP Unila Bandar Lampung and aims to describe the learning process and results. The research method used is descriptive qualitative. The theory used is the theory of the scientific approach and evaluation of learning outcomes. Sources of data in this study were teachers and 32 students who attended learning in class X IPS 3. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion drawing. The steps of the scientific approach are observing, asking, reasoning, processing, and communicating not at every meeting but only in the first three meetings. The results of learning dance art using a scientific approach are then measured using indicators of psychomotor ability tests with the results, on average students get a score of 70 and above with good criteria.

Penelitian ini membahas pembelajaran seni tari menggunakan pendekatan saintifik di kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung dan bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan yaitu teori mengenai pendekatan saintifik dan evaluasi hasil belajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan 32 siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas X IPS 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah pendekatan saintifik yakni mengamati, menanya, menalar, mengolah, dan mengkomunikasikan tidak dilaksanakan di setiap pertemuan melainkan hanya di tiga pertemuan awal. Hasil pembelajaran seni tari menggunakan pendekatan saintifik kemudian diukur dengan menggunakan indikator tes kemampuan psikomotor dengan hasilnya, rata-rata siswa mendapat nilai 70 ke atas dengan kriteria baik.

Kata kunci: Kurikulum 2013, Pembelajaran Tari, Pendekatan Saintifik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. BumiAksara, Jakarta.

Aprillia. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Seni Tari Kelas XI IS 1 SMA

Negeri1 Magelang. FKIP UNNS.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Gava media, Yogyakarta.

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Interes, Bandung.

Mustika, I Wayan. 2013. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Aura, Bandar Lampung.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran