Evaluasi Pembelajaran Tari Bedana di SMK Tunas Wiyata Way Tuba
Abstract
This study aims to discribe the implementation of learning evaluation of bedana dance on the aspects of cognitive, affective, psychomotor using self-assessment technic in SMK Tunas Wiyata. This research uses descriptive qualitative type. Source data of art and culture teachers, and students from class X.1 of Office Adsministrasi studies amounts to 25 students. Technic of data collection is this study are observation, interview, and documentation. The implementation of learning evaluation of bedana dance using self-assessment technic is carried out after the teacher has done the assessment and measurement on the material of bedana dance. Determining the competence to be assessed, develop a self-assessment format in the form of a checklist statement according to the quality of self-assessment. The teacher explains the benefits and objectives of self-evaluation, shares self-assessment formats, and lets the learners fill in the self-assessment sheets.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran tari bedana aspek kognitif, afektif, psikomotor menggunakan teknik penilaian diri di SMK Tunas Wiyata. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Sumber data guru seni budaya, dan siswa kelas X.1 Jurusan Adsministrasi Perkantoran yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran tari bedana menggunakan teknik penilaian diri dilaksanakan setelah guru melakukan penilaian dan pengukuran pada materi tari bedana. Dengan menentukan kompetensi yang akan dinilai, menyusun format penilaian diri berupa pernyataan daftar ceklis sesuai acuan kualitas penilaian diri. Guru menjelaskan manfaat dan tujuan evaluasi diri, membagikan format penilaian diri, dan mempersilahkan peserta didik mengisi lembar penilaian diri.
Kata Kunci: Evaluasi, Penilaian Diri, Tari Bedana.
References
Amirono dan Daryanto.2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013.Gava Media, Yogyakarta.360 hlm.
Arifin, Zainal.2009. Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Indonesia, Bandung.312 hlm.
Hamalik, Oemar.2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta. 184 hlm.
Mustika, I Wayan.2012. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Anugrah Utama Raharja, Bandar Lampung. 105 hlm.
Purnomo, Edy.2016. Dasar-Dasar dan Perencanaan Evaluasi Pembelajaran. Media Akademi,Yogyakarta. 166 hlm.
Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Penilaian Autentik. Bumi Aksara, Jakarta. 388 hlm
Siswanto.2017.penilaian dan pengukuran SIKAP dan HASIL BELAJAR peserta didik. Bosssccript, Klaten.182 hlm.
Sugiyono.2015.Metode Penelitian Manajemen.Alfabeta.Bandung.806 hlm.
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta, Bandung. 458 hlm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran