Pembelajaran Mupadun Menggunakan Model Cooperative Buss Groups Di SMA Yadika Bandar Lampung

Aris Munandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran tari mupadun menggunakan model pembelajaran cooperative buss groups pada kegiatan ekstrakulikuler di SMA Yadika Bandar Lampung. Sumber data dalam penelitian ini adalah 12 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengamati objek penelitian adalah lembar pengamatan model kooperatif tipe buss groups, dengan melakukan pengamatan proses belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan aspek TANDUR untuk merumuskan hasil pembelajaran. Panduan pelaksanaan model kooperatif tipe buss groups dengan aspek TANDUR memperoleh hasil pembelajaran pada masing-masing aspeknya, pertama yaitu Tumbuhkan, pada tahap ini siswa mendapat nilai 100, Alami siswa memperoleh nilai 93, Namai rata-rata siswa memperoleh nilai 87, Demonstrasikan siswa memperoleh nilai 87, Ulangi siswa mendapat nilai 87 dan Rayakan siswa mendapat nilai 83.

This study aims to describe the learning of mupadun dance using cooperative buss groups learning model at extracurricular activities in Yadikas Senior High School. Sources of data in this study were 12 students. Data collection techniques used in this research are observation, interview, and documentation, The instrument used to observe the object of research is the observation sheet of the application of cooperative model of buss groups, by observing the students learning process and student activity and practice test to see the student's learning result, then perform the analysis by using TANDUR aspect to formulate the learning result. Guidance for the implementation of cooperative model of buss groups type with TANDUR aspect to get learning outcomes in each aspect, first is Tumbuhkan, at this stage the students get average value 100, the average Alami of students get 93, the average Namai students score 87, Demonstrasikan average student get value 87, in Ulangi average student get value 87 and in Rayakan average students got a score of 83.

Keywords: cooperative, buss groups, mupadun dance.



Full Text:

PDF

References


Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barnawi, Erizal. 2015. Asal mula abung siwo migo dan marga sungkai.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran