Pembelajaran Tari Bedana Olok Gading Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 2 Merbau Mataram Lampung Selatan

Muhammad Jumadi Zopi, Riyan Hidayatullah, Agung Kurniawan

Abstract


The aims of this research is to describe how the learning of bedana olok gading dance on extracurricular activities expecially in State Junior High School 2 Merbau Mataram South Lampung seen from learning strategy, stages applied, and students learning activities. The method applied in this research is descriptive qualitative. Data sources include art teacher, dance trainer, and eight sudent who follow the dance artistry. Data were obtained by using observation, interview, and documentation, and nontest assessment. The result of this study indicate that the strategies implemented by trainers in learning activities tend not to be the same in every meeting. The more dominant learning stage applied by trainer is the instructional stage where the trainers is more capable to delivering the subject. While the student learning activities during six meeting earned the criteria of exelent value.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagimana kegiatan pembelajaran tari bedana olok gading pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Merbau Mataram Lampung Selatan dilihat dari strategi pembelajaran, tahapan kegiatan pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data mencakup guru seni budaya, pelatih tari, dan delapan siswa yang men gikuti ekstrakurikuler seni tari. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan penilaian non tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan pelatih dalam kegiatan pembelajaran tari bedana olok gading cenderung tidak sama dalam setiap pertemuan. Tahapan pembelajaran yang lebih dominan diterapkan pelatih adalah tahapan instruksional dimana pelatih lebih cakap dalam menyampaikan materi pelajaran. Sedangkan aktivitas belajar siswa selama enam kali pertemuan memperoleh kriteria sangat baik.

Kata kunci: Ekstrakurikuler, Pembelajaran, Tari bedana olok gading


Full Text:

PDF

References


Basri, Hasan. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Pustaka Setia, Bandung. 264 hlm.

Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta. 226 hlm.

Fathoni, Abdurrahman. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Rineka Cipta,Jakarta. 149 hlm.

Hamalik, Oemar. 2016. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta. 242 hlm.

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta, Bandung. 259 hlm.

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta, Bandung. 268 hlm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran