Pembelajaran Tari Muli Siger Menggunakan Media Audio Visual di SMA Negeri 1 Sukoharjo

Andika Primartati, Agung Kurniawan, Agung Kurniawan, I Wayan Mustika, I Wayan Mustika, Susi Wendhaningsih, Susi Wendhaningsih

Abstract


The foccuss in this research is how the proccess is and the result after the Muli Sigegh teahcing learning through audio visual for eleventh grade students at SMAN 1 Sukoharjo. Constructivism theory was implemented in this research. Furthermore, qualitative descriptive was implemented as a design in tihs research. The population of this research was eleventh grade of senior high school students; where as five of students were chosen as the sample, and art teacher. The instruments were observation, documentation and interviewing the art teacher. The data were analyzed through data reduction. Serving the data, and drawing conclussion. The teaching leanring process of Muli Sigegh using audio visual, there were eight meeting of the implementation and most of the students could follow the teaching learning process well and also they got 76.28 as the average scores of the students.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran tari muli siger menggunakan media audio visual. Teori yang digunakan adalah teori konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh adalah siswa kelas XI IPS 4 yang berjumlah 5 siswa dan guru seni budaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan pada guru seni budaya. Analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada proses pembelajaran dilaksanakan selama delapan kali pertemuan, hasil yang diperoleh adalah siswa mampu mengikuti proses pembelajaran dan mendapatkan kriteria baik yaitu dengan skor 76,28 dan didukung media audio visual untuk tercapainya proses latihan yang baik dan maksimal.

Kata kunci : Media Audio Visual, Pembelajaran, Tari Muli Siger.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak didik Dalam Interaksi Edukatif. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Murhaini, Suriansyah. 2016. Menjadi Guru Profesional Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. LaksBang PRESSindo. Yogyakarta.

Riyanto, Yatim. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC. Surabaya.

Siregar, Eveline. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia. Bogor.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Teori Konstruktivisme Menurut Para Ahli http://bloguswatoen.blogspot.co.id/2016/02/teori-belajar-konstruktivisme.html pada 17 Februari 2016 09.30 a.m. 5 hlm

Teori Belajar Konstruktivisme http://riantinas.blogspot.co.id/2012/06/teori-belajar-konstruktivisme.html pada 09 Juni 2012 13.30 a.m. 4 hlm


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran