Peran Guru Dalam Pembelajaran Seni Budaya Di SDN 4 Tugusari Sumberjaya Lampung Barat
Abstract
The purpose of this research to describle the role of the teacher in applying the cultural. Arts learning at SDN 4 Tugusari Sumberjaya West Lampung. The research uses the descriptive method with quantitative approach. The sources of data in this research are the cultural arts teacher and the students of SDN 4 Tugusari Sumberjaya West Lampung which amount to 30 students. The technique collecting the data that used in this research are observation, interview and documentation. The results of this research indicate that the teacher can apply 7 out of 9 the teacher roles in caltular arts learning. That are designer of instruction, manager of instruction, stering learning, evaluator of student learning, conselor, implementing of the curriculum.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran seni budaya di SDN 4 Tugusari Sumberjaya Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa yang mengikuti pembelajran seni budaya di kelas I SDN 4 Tugusari Sumberjaya Lampung Barat yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. peran guru dalam pembelajaran seni budaya di SDN 4 Tugusari sumberjaya Lampung Barat menunjukan bahwa guru dapat menjalankan 7 dari 9 peran guru yang harus dijalankan dalam pembelajaran seni budaya, yaitu guru sebagai perancang pembelajaran, (designer of instruction), guru sebagai pengelola pembelajaran (manager of instruction), guru sebagai pengarah pembelajaran, guru sebagai evaluator (evaluator of student learning), guru sebagai konselor, guru sebagai pelaksana kurikulum, guru dalam menerapkan pembelajaran kurikulum berbasis lingkungan, tugas dan tanggung jawab guru, dan syarat guru yang baik dan berhasil.
Kata kunci: peran guru, pembelajaran, seni budaya
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdi.2006.Seni Budaya. Demak: Erlangga
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hosnan,M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Moh. Uzer Usman,1992. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya
Majid, Abdul,2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Posdakarya.
Mustika, Wayan. 2013. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.
Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu. H 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ngalim, Purwanto, 1995. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Rosda Karya,
Prastowo,Andi.2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta : DIVA Press.
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sardiman, 2012. Interaksi motivasi dan Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Satori, Djaman dan Komariah, Aan, 2013. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Alafabeta.
Soehardjo.2012. Pendidikan Seni: Dari Konsep Sampai Program. Malang: Bayu Media Publishing
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: PT Alafabeta.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alafabeta
Uno, Hamzah B. 2012. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran