Pembelajaran Tari Melinting Menggunakan Model Ekspositori Di SD Negeri 1 Gondang Rejo

Rani Nurma Anggreini, Hasyimkan Hasyimkan, Susi Wendhaningsih

Abstract


The Problem of the research was how to use the expository model in learning of melinting dance at the fourth grade of elementary school 1 Gondong Rejo Lampung Timur in academic year of 2015/2016. This research was aimed at describing process teaching learning by using ekspository model and the result of students after the teaching learning process. The Data collection method were observation, interview, documentation by using Camera and test technique. This research was descriptive research qualitative method. Sources of data in this research were teacher dancing of elementary school 1 Gendong Rejo Lampung Timur and 20 students. Result of teaching learning ekspository model showed that mean from all aspect score can enough characteristic with score mean 74%.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model ekspositori dalam pembelajaran tari melinting pada kelas IV di SD Negeri 1 Gondang Rejo Lampung Timur tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari melinting menggunakan model ekspositori dan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran. Peneitian ini merupakan penelitian deskriptif metode kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru tari SD Negeri 1 Gondang Rejo Lampung Timur dan 20 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, pendokumentasian yang dilakukan dengan menggunakan kamera dan teknik test. Hasil pembelajaran model ekspositori menunjukkan bahwa rata-rata dari seluruh aspek penilaian mendapat kriteria cukup dengan rata-rata skor 74%.

Kata Kunci : ekspositori, pembelajaran, tari melinting.


Full Text:

PDF

References


Hasbullah, 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Igama IV, Sultan Ratu Idil M.T. 2011. Mengenal Dari Dekat Tari Daerah Lampung. Lampung: Bukit Ilmu.

Jazuli, M. 2008. Pendidikan Seni Budaya Suplemen Pembelajaran Seni Tari. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mukhtar, 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Subana, M, dkk. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: IKAP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Seni dan Pembelajaran