PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH

Hirna Soca Panggayuh, Riyan Hidayatullah, Susi Wendhaningsih

Abstract


The research method in this research was descriptive qualitative. This study aimed to describe the supporting and inhibiting factors in the achievement of basic competence in the dance art learning and describe the achievement of basic competence in teaching dance. The Inhibiting factor are the time allocation, the classroom is not in accordance with the needs, the learning materials that are too crowded, the leraning interest of dance art learning is less, the dance art textbooks that is not owned by the student, and the learning time which is less. Supporting factor is the independence of the students to learn outside of intracurricular and optimal role of the teacher. Based on the research results the groups which can not achieve the basic competency of 6 is group 4 and 5.

Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pencapaian kompetensi dasar dalam pembelajaran seni tari dan mendeskripsikan ketercapaian kompetensi dasar dalam pembelajaran tari. Faktor penghambatnya ialah waktu pembelajaran yang sedikit, ruangan kelas yang tidak sesuai dengan kebutuhan, materi pembelajaran yang terlalu padat, minat belajar seni tari yang kurang, buku pelajaran seni tari yang tidak dimiliki oleh setiap siswa, dan waktu belajar yang kurang. Faktor pendukungnya ialah kemandirian siswa dalam belajar di luar jam intrakurikuler dan optimalnya peran guru. Berdasarkan hasil penelitian yang tidak dapat mencapai 6 kompetensi dasar adalah kelompok 4 dan 5.

Kata kunci: kompetensi dasar, pembelajaran, tari


Full Text:

PDF

References


Amri. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rahmida. 2006. Kompetensi Sebagai Basis Pendidikan Seni. Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni Vol VII No. 3. September-Desember 2006. Semarang: Jurusan Seni Drama Tari dan Musik UNNES.

Rusman. 2014. Model Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sujendro. 2014. Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Valentina. 2011. Apresiasi Sebagai Salah Satu Pendekatan dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP. Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni Vol XI No 1. Juni 2011. Semarang: Jurusan Seni Drama Tari dan Musik UNNES.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Seni dan Pembelajaran