PEMBELAJARAN TARI KREASI LAMPUNG DENGAN KONSEP KREOGRAFI MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL
Abstract
The aim this research was to observe the process and learning outcomes of Lampung creation dance with a choreography concept through audiovisual in extracurricular SMP Negeri 1 Banjar Margo Tulang Bawang. Observation, interview, documentation, testing practices, and non test used as data collection techniques of this study. In learning process of Lampung creation dance, through audiovisual media it was done by assessing three aspects such as creation of emotions that make the students are able to create six range of motions with different variation. On the appreciative of emotions, smile the looks so excessive, and the pattern of floor, the students are able to create seven of floor pattern, transition with the group.The results was showed the average value of 69 with enough category of sufficient"
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran tari kreasi Lampung dengan konsep koreografi melalui media audiovisual di Ekstrkurikuler SMP Negeri 1 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang.Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi tes praktik dan nontes. Proses pembelajaran tari kreasi Lampung melalui media audiovisual dilakukan dengan tiga langkah, yaitu aspek penciptaan gerak dengan hasil siswa hanya mampu menciptakan enam ragam gerak dengan variasi berbeda. Pada penghayatan siswa menggerakkan gerak tari dengan senyum yang berlebihan, dan pada pola lantai siswa mampu menciptakan 7 pola lantai dengan level, transisi ruang bersama dengan kelompoknya dengan hasil nilai 69; kategori cukup.
Kata kunci: audiovisual, koreografi, pembelajaran, tari kreasi lampung,
Full Text:
PDFReferences
Azhar, A.2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hadi, S.2011.Koreografi Bentuk-Teknik-Isi.Yogyakarta: Cipta media.
Mukhtar.2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.
Sugiyono.2008.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Seni dan Pembelajaran