PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI

Amelia Hani Saputri, Susi Wendhaningsih, Agung Kurniawan

Abstract


The aim of this research was to describe the implementation of authentic assessment in curriculum 2013 for attitude competence, knowledge, and creativity in dance art learning in SMP N 1 Labuhan Ratu. This research used descriptive method through qualitative approach. The sources of this research were the headmaster, art teacher, and the students who participated in this art learning at VII.3 grade of SMP N 1 Labuhan Ratu which included 32 students. The technique of data accumulation in this research used observation, interview, and documentation. The result of this research showed that the implementation of authentic assessment in curriculum 2013 for dance art learning is assessed from attitude competence, knowledge and creativity. The attitude competence used observation technique, self assessment, friend assessment, and journal assessment. The knowledge of assessment used written test, spoken test and assignments. The creativity of assessment used practice test and project assessment.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru seni tari, dan siswa yang mengikuti pembelajaran seni tari di kelas VII.3 SMP Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 dalam pembelajaran seni tari dinilai dari kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada kompetensi sikap dilaksanakan dengan teknik observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan penilaian jurnal. Pada kompetensi pengetahuan dilaksanakan dengan teknik penilaian tes tertulis, penilaian tes lisan, dan penugasan. Pada kompetensi keterampilan dilaksanakan dengan teknik penilaian tes praktik dan penilaian proyek.

Kata kunci: penilaian autentik, kurikulum 2013, pembelajaran seni tari.


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis disertai dengan Contoh. Ed. Rev. Jakarta: Rajawali Pers.

Imas, Kurinasih dan Sani, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Muzamiroh, M.latifatul. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013: Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu.H, 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Satori, Djaman dan Komariah, Aan, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Alafabeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.

Triana, D D. 2013. Penilaian Kinerja dalam Pembelajaran Seni Budaya: Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah. Jurnal Kurikulum 2013 Serta Implementasi KKNI di Perguruan Tinggi. 2-14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Seni dan Pembelajaran